PENGGUNAAN H5 PRO MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MATERI AJAR DIGITAL DI SDN KEDUNGREJO JOMBANG

Pipit Ertika Daristin, Elisa Nurul Laili, Sakhi Herwiana, Fani Indrawan

Abstract


Di SDN Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, diadakan pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat materi ajar digital dengan H5pro. Ini adalah upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan meningkatkan keinginan siswa untuk belajar di kelas. Didasarkan pada masalah yang dihadapi guru, yaitu kesulitan dalam mengolah bahan ajar digital dan mencari bahan ajar digital, jelas bahwa pengabdian ini sangat penting untuk membantu guru mengembangkan bahan ajar digital yang berbasis teknologi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru untuk membuat materi ajar digital dengan menggunakan H5pro sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif. PKM ini ditujukan kepada guru yang bekerja di SDN Kedungrejo Megaluh Jombang, yang memiliki 12 guru. Kegiatan pengabdian ini melibatkan presentasi, praktek workshop, diskusi interaktif, dan kerja kelompok. Pembicaraan dan diskusi interaktif digunakan untuk memberikan materi. Dilanjutkan dengan pelatihan pengembangan materi ajar digital dengan aplikasi H5pro. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi bapak ibu guru di SDN Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, karena mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam membuat materi ajar digital yang interaktif melalui penggunaan aplikasi H5pro

Keywords


Media Ajar, Media Digital, H5Pro

Full Text:

PDF

References


Amali, Lanto & Kadir, Nadiarti & Latief, Mukhlis. (2019). Development of elearning content with H5P and iSpring features. Journal of Physics: Conference Series. 1387. 012019.10.1088/17426596/1387/1/012019.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Bloomsburg 2006 E-Learning Concepts and Techniques (New York: McGrawHill Companies, Inc).

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. https://en.wikipedia.org/wiki/H5P

.

Rahman, Arif. (2011). Instructional Technology and Media For Learning Pearson Education Inc. Jakarta: Prenada Media Group. [6]. Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Persada Press.

Rita and Situmorang J 2014 Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Internet Pelajaran Bahasa Inggris Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan Universitas Negeri Medan 1(2) pp 191-200.

Singh, S., & Scholz, K. (2017). Using an e-authoring tool (H5P) to support blended learning: Librarians’ experience. Facilitating social learning through learning design: A perspective of collaborative academic development, 158. https://2017conference.ascilite.org /wp-content/uploads/2017/11/Concise-SINGH.pdf

Wilkie, S., Zakaria, G., McDonald, T., & Borland, R. (2018). “Considerations for designing H5P online interactive activities”. Open Oceans: Learning without borders. Proceedings ASCILITE, 543-549.

Wilkie, S., Zakaria, G., & McDonald, T. (2018). Transforming Lectures to (H5P) Online Interactive Activities. The. Higher Education Research and Development Society of Australasia. Zakaria, G., Wilkie, S. 2020. Applications for virtual reality experiences in tertiary education. In ASCILITE’s First Virtual Conference. Proceedings ASCILITE, 186-193.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4686-4692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.