PELATIHAN MEKANISME TRANSAKSI SAHAM DENGAN MEDIA ONLINE TRADING SYSTEM (OTS) PADA MASYARAKAT PENGELOLA DESA WISATA SENDANG MADE KABUPATEN JOMBANG

Choirun Nisful Laili, Lik Anah, Lilis Sugi Rahayu, Winaika Irawati

Abstract


Perkembangan investasi di Pasar Modal sangatlah cepat, berbagai penyesuaian dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Digitalisasi investasi di Pasar Modal membuat semuanya semakin mudah dan menjadikan transaksi di Pasar Modal bersifat scripless.  Kemudahan tersebut berdampak pada pesatnya peningkatan investor Pasar Modal Indonesia sejak tahun 2020. Namun demikian, kurangnya literasi mengharuskan pendidikan masyarakat tentang alokasi sumber daya yang tepat di Pasar Modal, khususnya di kalangan sektor manajerial Desa Sandang Made Wisata di Kabupaten Jombang. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan adalah bentuk dari pemerataan edukasi tentang cara berinvestasi di Pasar Modal sekaligus memberikan pelatihan cara melakukan transaksi melalui Online Trading System (OTS). Dan jika Desa Wisata terealisasi serta mampu berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, maka berbekal edukasi tersebut masyarakat dapat akan memiliki wawasan untuk mengatur keuangannya salah satunya dengan melakukan investasi. Berinvestasi di Pasar Modal, khususnya, menghadirkan peluang di mana proses investasi sangat difasilitasi, hemat biaya, dan menawarkan pengembalian yang menguntungkan dalam jangka panjang, terutama ketika dimulai pada tahap awal. 


Keywords


investasi, online trading system, saham

Full Text:

PDF

References


Anah, L., Laili, C. N., & Ningsih, L. S. R. (2023, October). Literasi Investasi Pasar Modal Pada Kelompok Studi Pasar Modal Galeri Investasi. In Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) (Vol. 7, pp. 122-127).

Andriani, S., & Septianto Pohan, A. (2019). Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 37–44

Data BEI Kantor Perwakilan Jawa Timur. Diakses : 13 Maret 2023

Fahlevi, F., Mubarak, M. Z., Zahara, M., Setiawan, M. K., Hidayat, F., Alia, F. N., ... & Diana, A. (2023). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Berinvestasi Pasar Modal Melalui Sekolah Pasar Modal di Gampong Lamgapang. Jurnal Pengabdian Aceh, 3(1), 91-96.

https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_-_Februari_2022.pdf. Diakses : 14 Maret 2023.

Laili, C. N., Anah, L., Irawati, W., & Ningsih, L. S. R. (2021, September). PENGENALAN MEKANISME TRANSAKSI SAHAM UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN INVESTASI SISWA MAN 1 JOMBANG. In Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) (Vol. 5, No. 1).

Mahsyar, J. H. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI LITERASI KEUANGAN PADA UMKM DESA SITUSARI KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27-31.

Munawarah, I. (2023). SOSIALISASI DAN EDUKASI PASAR MODAL BAGI MASYARAKAT KEL. PANGKALAN JATI KEC. CINERE KOTA DEPOK. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(1), 7-10.

Siregar, K. R. K., Hasibuan, S. H. N., Hsb, S., & Dewi, S. (2023). Persepsi Investor Millenial dalam Menggunakan Online Trading System. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 59-63.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1793-1798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.