PELATIHAN TIME MANAGEMENT ALUMNI PSIKOLOGI: MENJADI PRIBADI YANG PRODUKTIF
Abstract
Manajemen waktu merupakan kemampuan dalam merencanakan dan mengelola penggunaan waktu agar efisien. Bagi alumni S1 Psikologi yang sedang bekerja, kemampuan ini dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menghindari situasi yang terburu-buru sehingga dapat mencegah stres kerja karena menumpuknya pekerjaan. Bagi alumni S1 Psikologi yang melanjutkan studi ke tingkat magister atau profesi, manajemen waktu diperlukan dalam memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien dalam mengerjakan tugas akademik. Pelatihan manajemen waktu merupakan bagian dari kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (Fpsi UM) bekerja sama dengan Ikatan Alumni (IKA) Fpsi UM. Pelatihan time management dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juli 2023 pukul 07.30 – 10.30 WIB secara daring melalui Zoom meeting. Peserta pelatihan terdiri dari 26 alumni yang lulus pada rentang waktu 2021-2023. Sebanyak 18 peserta mengisi kuesioner sebelum dan setelah pelatihan secara lengkap. Hasil jawaban peserta dibandingkan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap pemahaman manajemen waktu. Berdasarkan uji Wilcoxson Signed Rank Test diketahui pelatihan memengaruhi manajemen waktu peserta (p<0,001).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adebisi, J. F. (2013). Time Management Practices and Its Effect on Business Performance. Canadian Social Science, 9(1), 165–168. http://dx.doi.org/10.3968/j.css.1923669720130901.2419
Darmayanti, E. F. (2016). Analisis Produktivitas Kerja Karyawan Dikaitkan dengan Time Management. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 12(2). https://doi.org/10.24127/akuisisi.v12i2.104
Eerde, W. V. (2003). Procrastination at Work and Time Management Training. The Journal of Psychology, 137(5), 421–434. https://doi.org/10.1080/00223980309600625
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Häfner, A., Oberst, V., & Stock, A. (2014). Avoiding procrastination through time management: An experimental intervention study. Educational Studies, 40(3), 352–360. https://doi.org/10.1080/03055698.2014.899487
Häfner, A., Stock, A., & Oberst, V. (2015). Decreasing students’ stress through time management training: An intervention study. European Journal of Psychology of Education, 30(1), 81–94. https://doi.org/10.1007/s10212-014-0229-2
Häfner, A., Stock, A., Pinneker, L., & Ströhle, S. (2014). Stress prevention through a time management training intervention: An experimental study. Educational Psychology, 34(3), 403–416. https://doi.org/10.1080/01443410.2013.785065
Sallehuddin, M., Huzaidy, A. H., & Rosli, N. M. (n.d.). The Relationship between Stress, Workload and Time Management towards Academic Performance among Working Postgraduate in Universiti Utara Malaysia (UUM). American International Journal of Business Management, 2(11), 45–55.
Setiawan, Y., & Pasaribu, A. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Karyawan Pt. X Bidang Kontraktor Interior. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 107–113. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.929
Trentepohl, S., Waldeyer, J., Fleischer, J., Roelle, J., Leutner, D., & Wirth, J. (2022). How Did It Get So Late So Soon? The Effects of Time Management Knowledge and Practice on Students’ Time Management Skills and Academic Performance. Sustainability, 14(9), 5097. https://doi.org/10.3390/su14095097
Zhang, F., Liu, J., An, M., & Gu, H. (2021). The effect of time management training on time management and anxiety among nursing undergraduates. Psychology, Health & Medicine, 26(9), 1073–1078. https://doi.org/10.1080/13548506.2020.1778751
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4616-4621
Refbacks
- There are currently no refbacks.