NUMBER SENSE GAMES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERIK PADA SISWA TK RA AL JIHAD KOTA MALANG

Laila Indra Lestari, Melly Amalia Vardia, Resi Shaumia Ratu Eka Permata

Abstract


Literasi numerik merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan penalaran yang berfokus pada kemampuan siswa pada bidang matematis dalam berbagai konteks kehidupan Sebagai upaya meningkatkan literasi numerik pada anak, dibutuhkan intervensi yang berkaitan dengan keterampilan numerik, intervensi yang diberikan merupakan intervensi yang berbasis permainan. Permainan dapat memberikan lingkungan yang memotivasi bagi anak-anak, mengingat kombinasi antara belajar dan bermain, terutama pada anak-anak yang mungkin berisiko mengalami kesulitan matematika, oleh karena itu maka rancangan intervensi yang akan diberikan ialah Number Sense Games. Number Sense Games merupakan kegiatan pembelajaran yang berbasis permainan yang terdiri dari 8 permainan yang berkaitan dengan topik operasi bilangan, pola, bentuk geometri, konsep pengukuran, konsep bilangan, perbandingan. Proses pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan menyusun instrument Pre-test dan Post-test serta rancangan modul permainan, dan selanjutnya menyusun permainan sesuai dengan tiap topik pada literasi numerik. Hasil penelitian ini duji menggunakan Independent Sample T-test menunjukkan  P (0,017) < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil uji hipotesis signifikan, terdapat perbedaan mean pada pre test dan pos test siswa TK RA Al Jihad disebabkan efektivitas permainan literasi numerik. Dapat disimpulkan bahwa bahwa number sense game efektif untuk meningkatkan literasi numerik pada siswa TK dan pembelajaran menggunakan metode permainan merupakan salah satu cara yang menarik dan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh anak.


Keywords


Anak usia dini, permainan, literasi numerik

Full Text:

PDF

References


Campbell, J. I. D. (2005). Handbook of Mathematical Cognition. Psychology Press.

Garris, R., Ahlers, R., & Driskell, J. E. (2002). Games, Motivation, and Learning: A Research and Practice Model. Simulation & Gaming, 33(4), 441–467. https://doi.org/10.1177/1046878102238607

Jansen, B. R. J., Louwerse, J., Straatemeier, M., Van der Ven, S. H. G., Klinkenberg, S., & Van der Maas, H. L. J. (2013). The influence of experiencing success in math on math anxiety, perceived math competence, and math performance. Learning and Individual Differences, 24, 190–197. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.12.014

Luttenberger, S., Wimmer, S., & Paechter, M. (2018). Spotlight on math anxiety. Psychology Research and Behavior Management, Volume 11, 311–322. https://doi.org/10.2147/PRBM.S141421

Maldonado Moscoso, P. A., Anobile, G., Primi, C., & Arrighi, R. (2020). Math Anxiety Mediates the Link Between Number Sense and Math Achievements in High Math Anxiety Young Adults. Frontiers in Psychology, 11, 1095. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01095

Passolunghi, M. C., De Vita, C., & Pellizzoni, S. (2020). Math anxiety and math achievement: The effects of emotional and math strategy training. Developmental Science, 23(6). https://doi.org/10.1111/desc.12964

Ramirez, G., Shaw, S. T., & Maloney, E. A. (2018). Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework. Educational Psychologist, 53(3), 145–164. https://doi.org/10.1080/00461520.2018.1447384

Rk, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Schneider, M., Merz, S., Stricker, J., De Smedt, B., Torbeyns, J., Verschaffel, L., & Luwel, K. (2018). Associations of Number Line Estimation With Mathematical Competence: A Meta-analysis. Child Development, 89(5), 1467–1484. https://doi.org/10.1111/cdev.13068

Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PRA-CALISTUNG ANAK USIA DINI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.04

Supekar, K., Iuculano, T., Chen, L., & Menon, V. (2015). Remediation of Childhood Math Anxiety and Associated Neural Circuits through Cognitive Tutoring. Journal of Neuroscience, 35(36), 12574–12583. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.0786-15.2015

Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Literasi%20_%20Steam-PAUD.pdf

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.

Yüksel-Şahin, F. (2008). Mathematics Anxiety Among 4th And 5th Grade Turkish Elementary School Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3(3), 179–192. https://doi.org/10.29333/iejme/225

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4593-4601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.