PENERAPAN BELAJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA TK LILY PRE SCHOOL MERUYUNG DEPOK

Tri Rahayu, Tjahjanto Tjahjanto, Bambang Triwahyono, Intan Hesti, Anita Muliawati, Theresiawati Theresiawati

Abstract


Masa anak-anak usia dini belum adanya ketertarikan untuk belajar secara fokus, dunianya masih dipenuhi dengan bermain. Anak-anak di usia dini memiliki keaktifan dan kreatifitas yang tinggi sehingga membutuhkan cara untuk dapat memberikan pengetahuan dasar dalam pengembangan kemampuan seni, emosi, disiplin, kognitif, konsep diri, nilai-nilai agama, dan moral. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan usianya yaitu menggunakan media aplikasi animasi berbasis web. Aplikasi ini diharapkan memberikan anak-anak bermain sambal belajar, dimana dunia anak-anak  lebih cenderung dunianya dipenuhi dengan bermain. Aplikasi ini diterapkan pada Tk Lily Pre School Meruyung Depok, dikuti oleh 20 orang siswa TK khusus kelas B yang berusia diantara 5 tahun dan 6 tahun. Pada Tk Lily Pre School Meruyung Depok sudah pernah menampilkan pembelajaran melalui video tapi belum diterapkan dalam bentuk animasi interaktif bagi siswanya, sehingga dengan tampilan tampilan materi pembelajaran perhitungan metematika, mengenal huruf dalam membaca, mengenal warna dalam bentuk geometri dan mengenal Binatang serta suaranya. Semua itu dilakukan dengan menggunakan animasi serta terdapat suatu cerita dengan memberikan animasi gambaran dari cerita tersebut. Target Tim pengabdian Masyarakat dalam memberikan Pelatihan untuk meningkatkan metode belajar bagi murid TK, khususnya pada Tk Lily Pre School Meruyung Depok

Keywords


Penerapan, pelatihan, Interaktif, Animasi, Tk Lily Pre School, Meruyung Depok

Full Text:

PDF

References


S. L. Fazriah, T. A. Hafshah, and J. R. Maranatha, ‘Penggunaan Media Film Animasi Bisu untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta’, Indones. J. Community Serv. Eng. Educ. IJOCSEE, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2021

.U. Wuryanti and B. Kartowagiran, ‘Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar’, J. Pendidik. Karakter., vol. 6, no. 2, pp. 232–245, 2016.

Z. Zakirman and H. Hidayati, ‘Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP’, J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, pp. 85–93, 2017

T Rahayu, A Muliawati, E Krisnanik, CNP Dewi. Jurnal Ilmiah Matrik 24 (3), 241-47. Analisis Tingkat Literasi Digital Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/1964 2022

R. Mamase, ‘PEMANFAATAN VISUAL ANIMASI SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR’, J. Abdimas Gorontalo JAG, vol. 2, no. 2, pp. 88–94, 2019

T.Rahayu,, Pelatihan Pembuatan Materi Ajar Interaktif Bagi Guru Paud Desa Curug Agung – Serang Banten, link: https://journal.binadarma.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/1470. 2021

Setiawan, B.A., dan Jatmikowati, T.E. 2021. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom. Abdi Indonesia, 1(1):1-8Sinsuw, A.A.E., dan Sambul, A.M. 2017. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi GuruGuru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 105-110

J., Gunawan, dkk. 2017. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Warna Objek 3D kepada Anak Usia Dini berbasis Android. TEKNIKA : Vol. 6, No. 1, November 2017. Hal. 47-53.

Silfanny, Fisca Azhar, dan Finita Dewi. Analisis Tiga Aplikasi Augmented Reality untuk Mengenalkan Alfabet Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. RECEP : Vol. 1, No. 1, November 2020. Hal. 17-31.

Cahyaningtyas, Ailsa Salsabila. 2020. Pembelajaran menggunakan Augmented Reality untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Vol. 5 No. 1. Oktober 2020. Hal. 20-37.induningrum,

Estu, Atiqah Meutia Hilda, dan Rosalina. 2019. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA : Vol. 08, No. 01. Hal. 142-149.

https://jurte.unnes.ac.id/index.php/2022/09/15/pelatihan-program-literasi-digital-dan-pelatihan-penggunaan-perangkat-interaktif-pos-paud-harapan-bangsa-rowosari-semarang/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4555-4561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.