PENINGKATAN ACADEMIC RESILIENCE MELALUI KONSELING KELOMPOK BERBASIS SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELLING (SFBC) PADA SISWA SMA

Putri Pusvitasari, Hesty Yuliasari

Abstract


Resiliensi merupakan bagian penting yang menentukan keberhasilan diri individu karena resiliensi menunjukan seberapa tangguh individu untuk bangkit dan mampu bertahan dalam situasi apapun. Resiliensi akademik berhubungan dengan pola adaptif individu untuk segera bangkit dari keterpurukan ketika mengalami kegagalan atau penurunan prestasi akademik. Siswa yang resilien harus mampu bertahan dan bangkit ditengah kondisi yang sulit dikarenakan adanya protective factors yaitu minat, motivasi harapan siswa untuk tetap mempertahankan kinerja akademik. Salah satu permasalahan yang terjadi pada siswa SMA adalah munculnya kondisi ketidaksiapan siswa dalam menghadapi ujian kelulusan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu siswa dalam meningkatkan resiliensi akademik melalui konseling kelompok berbasis Solution Focused Brief Counselling (SFBC). Pengabdian ini dilaksanakan pada 3 Juni 2022. Sedangkan tempat pengabdian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngaglik dengan jumlah peserta sebanyak 8 siswa. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah konseling kelompok berbasis Solution Focused Brief Counselling (SFBC) ini mampu meningkatkan resiliensi akademik pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ngaglik. Selain itu, melalui konseling kelompok ini para siswa mampu memunculkan solusi-solusi yang dapat membantu mereka dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan akademik di sekolah.


Keywords


Academic Resilience, Konseling Kelompok, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7 (1787): 1 – 11. DOI:10.3389/fpsyg.2016.01787

Diana, L. W., & Muwakhidah. (2021). Efektivitas konseling kelompok pendekatan pendekatan solution-focused brief counseling (SFBC) untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP Al Alam Surabaya. Helper: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 38(1), 26-34. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no1.a3458.

Haase, L., & Stewart. (2016). When the Brain Does Not Adequately Feel the Body: Links between Low Resilience and Interoception. Biological Psychology, 113, 37-45. https://doi.org/10.1016/j.biopsycho.2015.11.004.

Hikmah N. (2016). Efektivitas teknik solution-focused brief counseling (SFBC) dalam setting kelompok untuk meningkatkan self control siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kaharja, & Latipah, E. (2016). Pengaruh Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy Terhadap Self Esteem Siswa MTSn Bantul Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 99-116. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.131-07.

Kurniasih, S. (2014). Strategi-strategi pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Kushendar. (2019). Keefektifan konseling kelompok solution-focused brief therapy untuk meningkatkan resiliensi akademik dan self efficacy siswa SMA Negeri 1 Ungaran. Tesis. Semarang: Program studi bimbingan dan konseling pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Murtiningrum, D., & Pedhu, Y. (2021). Resiliensi akademik siswa/siswi kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 166-181. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1751/1227.

Neal, D. (2017). Academic resilience and caring adults: The experiences of former foster youth. Children and Youth Services Review, 79, 242-248. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.06.005.

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman. (2018). Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa. Jurnal Bikotetik, 2(1), 93-99. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99.

Nuraini, P., & Tawil. (2022). Solution Focus Brief Counseling Strategi Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 122-129. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60857.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development [Perkembangan Manusia]. (Alih Bahasa : B. Marwensdy). Jakarta : Salemba Humanika.

Pratiwi, M. A., & Nuryono, W. (2014). Penerapan solution focused brief therapy (SFBT) untuk meningkatkan harga diri siswa kelas IX bahasa SMA Al-Islam Krian. Jurnal BK, 4(3), 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/9198/9138.

Prayitno. (2005). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, W., & Aulia, L. A.-A. (2017). Perbedaan Resiliensi Antara Remaja Yang Hidup Dalam Keluarga Lengkap, Keluarga Single Parent, Dan Remaja Yang Hidup Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 4(2), 62-70. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1102.

Ruswahyuningsih, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada Remaja Jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(2), 96-105. https://doi.org/10.22146/gamajop.7347.

Taathadi,S (2014). Application of Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) to Enhance High School Students Self-Esteem: An Embedded Experimental Design. International Journal of Psychological Studies, 6(3), 96–105. https://doi.org/10.5539/ijps.v6n3p96

Yamamoto, T., Matsumoto, Y., & Bernard, M. E. (2017). Effects of the cognitive-behavioral You Can Do It! Education program on the resilience of Japanese elementary school students: A preliminary investigation. International Journal of Educational Research, 86, 50-58. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.08.006.

Zhang, C., Ye, M., Fu, Y., Yang, M., Luo, F., Yuan, J., & Tao, Q. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 67(6), 747-755. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1189-1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.