PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE GAMIFIKASI DI SD SATHYA SAI DENPASAR

I Gusti Ayu Mahatma Agung, Putu Gede Budiartha, Ni Luh Putu Laras Jayanti

Abstract


Pembelajaran bahasa Inggris sejak usia sekolah dasar membantu siswa mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan pada era globalisasi sejak dini. Akan tetapi, terdapat beberapa permasalahan yang cukup sering dialami siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, antara lain kurangnya rasa percaya diri dan rendahnya motivasi belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, kegiatan pengabdian berupa pelatihan bahasa Inggris bagi siswa SD Sathya Sai dilaksanakan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kepercayaan diri serta mengasah kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah metode gamifikasi. Permainan yang dilakukan antara lain tebak kata dan permainan berbisik. Unsur kompetisi dalam permainan tersebut membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan bahasa Inggris dengan metode gamifikasi di SD Sathya Sai telah berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa Inggris. Selain itu, permainan yang dilakukan dengan metode gamifikasi membuat siswa antusias dalam mengikuti kegiatan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan kepercayaan diri mereka.


Keywords


Bahasa Inggris, gamifikasi, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., & Wisanta, P. A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705

Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., & Widiantara, D. S. M. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa SMA dan SMK Melalui Program “Mengabdi Padamu Negeri.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3064–3075. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9378

Ananda, E. P. (2023). Daya Minat dalam Penggunaan Bahasa Inggris dan Pengaruhnya terhadap Komunikasi Masyarakat Indonesia. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 01(02), 172–184. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/664

Andayani, E. S. (2022). The Importance of Learning and Knowing English in Higher Education in Indonesia. Research and Development Journal of Education, 8(1), 372–379. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13315

Andy, A., Rusfandi, R., & Muzammil, L. (2018). Pelatihan Berbahasa Inggris dengan Drilling dan Repetition bagi Karang Taruna Desa Jedong. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i2.42-48

Anisa, K. D., Marmanto, S., & Supriyadi, S. (2020). The Effect of Gamification on Students’ Motivation in Learning English. Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 14(1), 22–28. https://doi.org/10.30595/lks.v14i1.5695

Firmansyah, M. S., Fithriyani, H. Y., & Susilo, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris (Greeting & Parting) bagi Siswa-siswi SMKN 1 Dukuhturi. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1680–1688. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1680-1688

Handayani, D., Ummu’qultsum, S., Riski, R. T., Arlando, A. D., Sasoni, B. E., & Anggraini, R. (2023). Learning English by Applying Fun Activities with Octo’20 E Course at Pratu Aidit Street Kampung Bali. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5721–5723. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17464

Hermansyah, S., Ahmad, J., Rasak, M. R., Mustanir, A., Hanafi, M., Trisnawaty, T., & Suleha, S. (2023). Pelatihan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SDN 124 Jalikko, Tallu Bamba, Kec. Enrekang, Kabupaten Enrekang, Prov. Sulawesi Selatan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7038–7044. https://doi.org/10.31004/cd.v4i4.18631

Meutia, P. D., Rahmawati, C., Susiani, R., Ugahara, U., Effridanda, D. N., & Fitri, F. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Anak-Anak Melalui Permainan Di Gampong Ateuk Lam-Ura. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1544. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10827

Nasution, D. S., Harahap, S. D., Siregar, S. D., & Hasibuan, A. (2021). Pendampingan Bahasa Inggris pada Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Desa Wisata Pagaran Gala-Gala, Mandailing Natal-Sumut, dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) melalui Metode Drilling dan Repetition. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573

Purba, A., Purba, R., Benarita, B., Matondang, M. K. D., Sipayung, R. W., Silalahi, M., Silalahi, T. F., Saragih, N., & Girsang, S. E. E. (2022). Analisis Kerumitan Bahasa Inggris Pada Siswa SMP Swasta Alwasliyah 40 Bandar Huluan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1100–1103. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2942

Romadhon, S. A., Indrayanti, I., & F, H. Y. (2023). Peningkatan Vocabulary Siswa Menggunakan Whispering Game. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 790–794. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i3.790-794

Wafa, H., Jannah, F., Andayani, S., Tjahyadi, I., & Sutrisno, A. (2023). Pemanfaatan Metode Kompetisi dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4430–4434. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15949

Warman, J. S., & Mardiyah, F. (2019). The Implementation and Effectiveness of Integrated Approaches in Improving English Basic Skills for Beginners. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.32682/jeell.v6i1.1036

Wirateruna, E. S., Olfiyanto, A. F., Rahmadhani, C., & Rifaini, I. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Covid-19 untuk Pelajar Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 305. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13554




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4536-4542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.