KREASI KRIYA DI TK BERSAMA DOSEN PGPAUD FTIK UNISNU JEPARA

Anita Afrianingsih, Dewi Pratiwi, Dina Amalia, Muhammad Nofan Zulfahmi, Dwiana Asih Wiranti, Ari Purnomo Endah Aflahani

Abstract


Karakteristik perkembangan anak usia dini berada di masa mengidentifikasi, meniru, eksplorasi dan masa-masa bermain. Guru PAUD memiliki kewajiban membimbing anak dengan optimal pada setiap moment perkembangan yang dilalui. Faktanya, guru mengalami kesulitan saat menciptakan karya seni untuk anak usia dini, sehingga perlu mendapatkan pelatihan berbasis cipta karya seni dari kerajinan kriya. Beberapa lembaga TK di daerah Kecamatan Mayong, umumnya mengalami kendala yang sama terkait cipta karya seni yang mampu menstimulasi perkembangan anak. Begitu pula di TK Mayong Lor dengan jumlah peserta didik 110 membutuhkan suatu media dengan memanfaatkan limbah-limbah yang ada di lingkungan sekitar TK. Limbah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan kriya diantaranya dari batu-batuan, kerang, stick ice cream, dan limbah kayu. Tim pengabdian dosen PGPAUD UNISNU mengadakan pelatihan untuk para guru di TK tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran dalam bentuk kerajinan seni kriya sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Pelatihan dan pendampingan ini berlangsung dengan hikmat dan peserta mulai membuatnya sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas.


Keywords


pelatihan, seni, kriya

Full Text:

PDF

References


Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Gunawan, I. (2019). Kriya Indonesia, Menyikapi Industri Budaya. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 7(1).

Haq, B. N., Rachmawaty, M., G. M., & Agustina, A. (2023). Pendampingan Implentasi Praktek Seni Cetak Tinggi Untuk Guru Paud Dengan Service-Learning Approach. Jurnal Industri Kreatif Dan Informatika Series (JIKIS), 3(1).

Katoppo, M. J. (2023). Nilai Estetis Kerajinan Keramik Di Minahasa Desa Pulutan. Kompetensi, 3(1), 2175-2188.

Muamanah, H. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161-180.

Oktaviani, L., Styawati, S., Lathifah, L., Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). Pkm peningkatan pemahaman guru mengenai penelitian tindakan kelas dan kualitatif di man 1 pesawaran. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98-103.

Pratiwi, D., Wiranti, D. A., & Ariani, N. A. (2023). The Art Project Practice Learning: Early Childhood Education in Children's Fine Motor Development. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 12(1), 19-28.

Putri, M., & Mubaroq, H. (2022). Strategi Pengimplementasian Konsep Kampung Tematik sebagai Wujud Masyarakat untuk Mengentaskan Desa 3T (Studi kasus: Kampung Tematik Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo). Jurnal Studi Inovasi, 2(1), 1-8.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724-732.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179.

Wono, H. Y., Raffael, R., Karsten, H. E., & Prasetyo, A. (2021). Implementasi Marketing Mix Kerajinan Kulit Remile Implementation of Remile Leather Craft Marketing Mix. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 150-166.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285-293.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4527-4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.