EDUKASI PENGEMBANGAN ASESMEN LITERASI NUMERASI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE BAGI GURU MGMP IPS MTS KABUPATEN MALANG DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR

Nurul Ratnawati, I Nyoman Ruja, Neni Wahyuningtyas, Ferdinan  Bashofi

Abstract


Pelatihan pengembangan asesmen literasi numerasi bagi guru MGMP IPS MTs Kabupaten Malang dengan memanfaatkan platform Articulate storyline. Latar belakang studi ini melibatkan perubahan dari Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) sebagai respons terhadap kekurangan UN dalam mengukur kompetensi berpikir tingkat tinggi dan kurangnya penerapan model pembelajaran efektif. Hasil PISA 2018 menunjukkan rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia. Penelitian ini mengusulkan solusi dengan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para guru tentang pengembangan soal AKM berbasis literasi numerasi dan mengenalkan penggunaan Articulate storyline untuk mengemas produk tersebut secara digital. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama 4 hari, melibatkan para guru IPS MTs Kabupaten Malang. Evaluasi keterlaksanaan kegiatan menunjukkan tingkat ketercapaian sebesar 90,0%, menunjukkan keberhasilan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Guru mengharapkan adanya kegiatan serupa dan dukungan berkesinambungan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan asesmen literasi numerasi di lapangan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mendukung proses persiapan asesmen pembelajaran berkualitas dan meningkatkan literasi teknologi guru.

Keywords


asesmen nasional; literasi numerasi; articulate storyline; pelatihan guru; keterlaksanaan kegiatan

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat & Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, October 7). Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558.

Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 250–260.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Tahun 2021, Ujian Nasional Diganti Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional, Pub. L. No. 17 (2021).

Mayasari, M., Djibu, R., Nurchayati, N., Fayola, A. D., & Hakim, M. L. (2023). Pelatihan Penggunaan Fitur Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 6913–6919.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Purwati, P. D., Widiyatmoko, A., Ngabiyanto, N., & Kiptiyah, S. M. (2021). Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora Melalui Workshop Asesmen Nasional Menghadapi AKM Nasional. Journal of Community Empowerment, 1(1), 32–40.

Rahmasari, U. D. (2022). Persepsi Guru mengenai Pentingnya Kemampuan Mengembangkan Soal Tes Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1105–1112.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar). JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71.

Saikhu, A., Siahaan, D. O., Arunanto, F., Soelaiman, R., & Baskoro, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Playgroup Dan TK Sepuluh Nopember Surabaya Melalui Pelatihan TIK. Sewagati, 5(1), 73–79.

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.823-829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.