PEMBERDAYAAN GREEN HOUSE SEBAGAI SARANA EDUKASI ETIKA LINGKUNGAN DI SMK BINA INSANI MALUNDA

Yusrianto Nasir, Nur Amaliah, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Environmental literacy atau melek lingkungan adalah pengetahuan mekanisme lingkungan alam serta pelestariannya. Sekolah merupakan agen dan wadah sosialisasi  yang mampu memberikan pengetahuan akan pentingnya peduli lingkungan melalui kegiatan pembelajaran. Green house adalah bangunan yang berfungsi menciptakan kondisi lingkungan sehingga tercipta kondisi lingkungan yang diinginkan dalam rangka peningkatan kualitas hasil panen. Salah satu metode penanaman yang dapat diterapkan di dalam green house yakni metode irigasi tetes atau yang dikenal dengan drip irrigation system. Kegiatan pengabdian kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) ini dilaksanakan di SMK Swasta Bina Insani Malunda. Waktu pengabdian dimulai dari bulan Mei-Juli 2023. Tim pengabdian melakukan beberapa kegiatan yang berfokus pada (1) pembuatan green house; (2) pelatihan penanaman drip irrigation system dan (3) monitoring. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) pentingnya kesadaran peserta didik dalam menumbuhkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan; (2) terdapat peningkatan keterampilan mitra dalam budidaya melon menggunakan drip irrigation system; dan (3) membantu pendidik dalam mengaktifkan interaksi dengan peserta didik, maupun interaksi antar peserta didik.


Keywords


Green house, drip irrigation system, pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF

References


Andari, R., & Nur, M.I. (2021). Pemberdayaan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan melalui Green House. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, I(XLI), 186-194.

Budiyanto, H., Haris, M., Setiawan, A.B., Putra, M.I.N.B. (2020). Greenhouse Bambu untuk Tanaman Sayur Hidroganik dengan Listrik Tenaga Surya. Malang: Selaras Media Kreasindo.

Hadi, A., & Mariana, S. (2022). Pembuatan Green House sebagai Media Edukasi dan Kewirausahaan Desa yang Berbasis Lingkungan. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 457-466.

Hadi, W.P., Fauriski, M.I., & Nurfaizah. (2022). Optimalisasi Greenhouse sebagai Media Edukasi dan Kewirausahaan di SMP Negeri 1 Kwanyar Bangkalan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 209-214.

Helmida, B.E., Khotmi, H., Syakbani, B., Chair, A.F. & Mustaan. (2021). Keberlanjutan Usaha Hidroponik dengan Menggunakan Teknologi Green House di Pondok Pesantren Darul Qur’an (Bengkel, Lombok Barat). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 67-74.

Meishanti, O.P.Y., Cahyanto, D., Arifin, A.S., Muhibuddin, A., & Aini, N. (2021). Pemberdayaan Green House Enviromental Literacy Desa Kayen. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33-41.

Mujahidah, A., Irwan, Magfira & Rahman, F. (2021). Pemberdayaan Sistem Hidroponik di Green House SMK-PP Negeri Rea Timur. Jurnal Lepa-Lepa, 1(3), 438-444.

Mustamim, M., Fahrizal, M. H., Usluhiyah, R., & Kholid, A. (2021). Peningkatan Keterampilan petani melalui Workshop Petani Organik. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4495-4501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.