EDUKASI MARKETING MIX DAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN EMKM MITRA KERUPUK KEMPLANG

Eni Cahyani, Nadia Afriliana, Umi Aida, Repaldo Repaldo

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan pada UMKM kerupuk Kemplang 5 Ulu Palembang. Kegiatan ini melibatkan mitra yang merupakan masyarakat produktif secara Mikro yang memiliki permasalahan hampir sama serta lokasi yang berdekatan yaitu Ny. Eva Yunus. Permasalahan yang disepakati pelaksana dengan mitra adalah 1) Sulitnya mengembangkan merek sendiri tentu saja menyebabkan tingkat keuntungan dan pendapatan tidak maksimal dan 2) Pembukuan dan Evaluasi Usaha secara keseluruhan kegiatan usaha, belum baik hal dapat menyebabkan UMKM sulit untuk mengambil keputusan.  Untuk membantu menyelesaikan permasalah maka dilakukan edukasi mengenai pemasaran dengan mengedukasi elemen-elemen pemasaran seperti promosi online dan mendesain logo produk. Dilanjutkan dengan melakukan peningkatan pengetahuan mengenai kaidah-kaidah laporan keuangan dan pengendalian persediaan. Diharapkan setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Mitra memiliki pengetahuan pemasaran melalui media online sehingga dapat memperluasan pemasaran kerupuk kemplang sehingga meningkatkan pendapatan Mitra. Mitra juga memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pencatatan keuangan yang baik sehingga memudahkan UMKM mengambil keputusan seperti penyediaan bahan baku, pengembangan usaha dan peminjaman uang di lembaga keuangan.


Keywords


UMKM, promosi online, logo pembukuan

Full Text:

PDF

References


Frilisia dan Wirajaya. 2018. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada PT Aira Nusantara Indah. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 23, No 1, Hal. 787- 812

https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm- Indonesia. Di akses tanggal 21 Desember 2022

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwoko, Endi. Surachman, Armanu, Djumilah Hadiwidjojo. 2013. Entrepreneurial Characteristics and Competency a Determinants of Business Performance in SMEs. IOSR Journal of Business and Management.

Sasongko, Catur. 2016. Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat, Jakarta.

Sorensen, B. Jesper dan Patricia M.Y Chang. 2006. Determinants of Successful Entrepreneurship: A Review of recent Literature. Online http://ssrn.com

Retno Budi Lestari, Megawati. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (Studi Empiris Pada Industri Kerupuk Kemplang di Palembang). Jurnal Teknika-1




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4458-4467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.