MENGENAL TOKOH-TOKOH INSPIRATIF SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI GURU MI
Abstract
Menulis memiliki manfaat khususnya guru untuk memperbanyak pengetahuan maupun perkembangan karirnya. Budaya menulis khususnya guru di Indonesia masih sangat minim dikarenakan banyak faktor yang melatarbelakangi. Kegiatan pelatihan harus di dorong guna memperbaiki problematika tersebut. Tujuan pelatihan menulis memberikan semangat para guru dalam dunia literasi khususnya membaca dan menulis dan untuk memberikan penghargaan mempunyai luaran untuk menerbitkan buku yang ditulis secara bersama-sama tentang kisah-kisah inspiratif tokoh yang ada di Surakarta. Pengabdiaan ini menggunakan metode simulasi, pemateri memaparkan materi dan tata cara mencari data yang akurat baik. Simulasi ini dilakukan agar para guru dapat langsung mempraktean langsung. Hasil mengungkapkan bahwa guru harus melewati beberapa tahap untuk dapat mengakses data yang akurat dan menulis dengan baik yaitu mengakses, menyeleksi, menentukan, tindak lanjut dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini membawa kontribusi positif untuk mengajak guru-guru MI/SD se-Kec Kartasura untuk menulis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2023). Profil pengguna internet indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/
C. Suryani and P. Wiryadigda, “Literasi Digital Informasi Dikalangan Guru Mojokerto,” Commun. Sph., vol. 2, no. 1, pp. 20–28, 2022, doi: 10.55397/cps.v2i1.21.
Caswita, “Forum Gumeulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah di Kota Tasikmalaya,” Andragogi J. Diklat Tek. Pendidik. dan Keagamaan, vol. 8, no. 1, pp. 418–429, 2020, doi: 10.36052/andragogi.v8i1.122.
Okenews, “Menjiplak, 8.729 Guru Gagal Naik Pangkat.,” 2015.
S.Susetyo, R. Basuki, and N. Noermanzah, “Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah,” ABDI J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 28–34, 2020, doi: 10.24036/abdi.v2i1.35.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4450-4457
Refbacks
- There are currently no refbacks.