WORKSHOP MENDESAIN LEMBAR AKTIVITAS EKSPLORATIF BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVE UNTUK GURU MATEMATIKA MTsN SE ACEH TIMUR

Muhammad Zaki, Anwar Anwar, Saiman Saiman

Abstract


Mendesain pembelajaran matematika dengan melibatkan peserta  didik untuk mengeksplorasi konsep matematik adalah sangat penting. Hal ini menyebabkan Peserta didik berpotensi terlibat langsung untuk mengkonstruksi konsep matematika. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membekali guru matematika Madrasah MTsN Aceh Timur tentang cara mendesain lembar kerja eksploratif berbasis virtual manipulative dengan menggunakan Geogebra Clasroom. PkM ini dilaksanakan di Ruang Multimedia MTsN 2 Aceh Timur yang melibat 30 peserta dari asosiasi MGMP Matematika Madrasah MTsN Aceh Timur.  Metode PkM ini terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, dan Refleksi dan evaluasi. Kegiatan PkM ini telah terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana yang telah disepakati oleh tim PkM dan Mitra MTsN Aceh Timur. PkM ini telah menghasilkan Out put, diantaranya peserta telah mendesain dan menghasilkan lembar kerja eksploratif karyanya sendiri. Rekomendasi kedepan kegiatan PkM ini adalah adanya tambahan waktu atau follow up untuk mendesain lembar kerja eksploratif pada materi lain.


Keywords


lembar kerja eksploratif, virtual manipulative

Full Text:

PDF

References


Supriyanto R, (2019).Profil Peran MGMP Matematika dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi dan Karakter Siswa SMP Negeri di Kota Cirebon. Jurnal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(2), 37–46.

Saiman, Zaki. M., Rainal I,I., (2023). Workshop Virtual manipulative berbasis geogebra dalam pembelajaran matematika bagi Guru Matematika MTs/SMP Aceh Timur. Martabe; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2). http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.709-716

Nindiasari, H., Novaliyosi., Subhan, A., Asih, I., and Kheirunnisa.,(2017). Lembar Kerja Eksploratif dan pertanyaan tingkat tinggi: Perberdayaan pada kelompok MGMP Matematika Kota Serang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. 4(1). 120-129

Lestari, H., Subhan, A.,Panungkas, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Eksploratif berkoneksi Budaya Banten pada Mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram.7(1) 48-59.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD muhammadiyah danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.242-248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.