EDUKASI MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KETERGANTUNGAN ANAK PADA GADGET DI DESA TANJUNG PERING

Mokhamad Yusup Nur Khakim, Akhmad Aminudin Bama, Fitrya Fitrya, Muharni Muharni, Sarmayanta Sembiring, Erni Erni

Abstract


Teknologi informasi seperti dua sisi mata uang, disatu sisi dapat dijadikan sebagai sarana proses belajar, namun disisi lain konten-konten yang tidak tersaring internet tersebut telah memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat, contohnya seperti penyebaran berita bohong (hoax), tidak sesuai dengan etika dan moral yang dianut masyarakat  dan timbulnya ketergantungan anak pada media sosial dan game online. Oleh karenanya diperlukan suatu tindakan untuk membuka kesdaran masyarakat akan bahaya kecanduan gadget melalui gerakan budaya literasi. Literasi informasi bertujuan untuk membangun karakter generasi yang senang membaca, terbuka terhadap informasi dan mampu menyaring informasi negative. Desa Tanjungg Pering merupakan salah satu desa binaan Universitas Sriwijaya. Masyarakat desa Tanjung Pering belum menjadikan literasi sebagai kebiasaan karena beranggapan literasi merupakan kewajiban bagi anak sekolah. Oleh karena itu kegiatan ini dipersiapkan untuk meningkatkan budaya literasi dalam masyarakat melalui edukasi dan membuat pojok baca di desa Tanjungg Pering. Kegiatan diikuti oelh 30 orang ibu-ibu dan sangat didukung oleh Kepala Desa Tanjung Pering. Pojok baca diisi dengan buku buku cerita bergambar, cerita anak dan novel inpiratif untuk memberikan motivasi pada anak agar senang membaca dan terhindar dari bahaya buruk kecanduan hp. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa gerakan literasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mengurangi dan mencegah dampak buruk dari kecanduan dan pengaruh teknologi informasi khususnya gawai (gadget). Kegiatan ini merupakan awal yang diharapkan terus berkembang menjadi taman bacaan desa Tanjung Pering


Keywords


Literasi; desa Tanjung Pering; bahaya gadget.

Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2017). Pentingnya literasi bagi peningkatan kualitas pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 9(21), 9-12.

Fajar S, Rahmad H, Endang MR, Hertiki, Armelia NA. (2020) Meningkatkan Budaya Literasi Melalui Pengelolaan Taman Bacaan Di Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jurnal Abadi Mas Adibuana, 4(1), 13-20.

Herdiana D, Heriyana R, Suhaerawan R (2019) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 4(4); 431-442.

Irfansyah, Dedy S (2021) Membangun Budaya Literasi Perdesaan Di Desa Pondok Kemuning Kota Langsa, Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1) : 29-35

Miskahuddin. (2017). Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Mudarrisuna, 7(2): 293-312.

Saputri K, Yuliani S. (2021) Penyuluhan Gemar Membaca Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Pada Anak Sd Negeri 31 Di Kota Prabumulih, Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Masyarakat: 131-137.

Sanusi, S., & Prasetyo, A. (2019). Pengenalan Gerakan Literasi Pada Masyarakat. Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat, 162-166.

Tulasmi, Titania M, Ryan Y, Vira Prajna C (2021) Penyuluhan Literasi Bagi Ibu-Ibu Pkk Guna Mengurangi Ketergantungan Anak Pada Produk Gawai, Jurnal Budimas , 3(2) : 386-393

Yulia H, Heri I, Peni P (2020) Penyuluhan Pentingnya Literasi Di Masa Pandemik Pada Siswa Smk Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021, Communnity Development Journal, 1(3): 277-283.

Uswatun H, Tarma Prastiti LN; Rasha (2018) Penyuluhan Family Literacy

Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Masyarakat Wilayah Candi Batujaya Karawang, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Sarwahita , (15) 2: 113-118.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1029-1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.