PEMANFAATAN VIDEO DIGITAL STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SMP BINA SATRIA MEDAN

Juliana Juliana, Enni Maisaroh, Dwi Suci Amaniarsih, Fiore Arayu Hutagalung

Abstract


Di era globalisasi saat ini, kemampuan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris sangat penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Buku pelajaran bahasa Inggris di sekolah rata-rata menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Dalam pembelajaran agar komunikasi berjalan secara efektif, guru dan siswa sebaiknya saling memahami pesan yang disampaikan agar komunikasi dalam proses belajar mengajar berjalan dengan baik, tanpa ada salah paham diantara guru dan siswa. Selain itu, siswa tidak memperoleh umpan balik yang memadai dalam kegiatan pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran guna mendukung kegiatan berbicara bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi informasi.  Media pengajaran yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah media video digital storytelling berupa fitur dan penggunaan media video digital storytelling dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Sasaran dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah para siswa kelas IX SMP Bina Satria Medan. Jumlah partisipan dalam kegiatan pengabdian ini 25 siswa SMP Bina Satria Medan. Metode pelaksanaknaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan metode ceramaha, presentasi dan participasi siswa. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan berkomunikasi mengguankan Bahasa Inggris.


Keywords


video digital storytelling, kemampuan berbicara Bahasa Inggris, Pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Banaszewski, T. (2002). Digital storytelling finds its place in the classroom. Multimedia schools, 9(1), 32-35.

Skouge, J. R., & Rao, K. (2009). Digital storytelling in teacher education: Creating transformations through narrative. Educational Perspectives, 42, 54-60.

Wisnumurti, P. K., Setyaningsih, E., & Wahyuni, D. S. (2021). Digital storytelling in TEYL: a narrative inquiry of a pre-service teacher. Journal of Languages and Language Teaching, 9(1), 1-13.

Rohayati, S., Drajati, N. A., & Nurkamto, J. (2021). Digital Storytelling as a Meaningful Learning Strategy in Online Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2256-2265.

Lestari, D. A. (2018). Pengembangan media digital storytelling berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur tahun 2017 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Julianingsih, D., & Krisnawati, E. (2019, October). Pemanfaatan Video digital Storytelling dalam Pembelajaran Trigonometri untuk pemerolehan Kecakapan Intelektual Siswa. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. B22-B22).

Juliana, J. (2020). Peningkatan Motivasi Percakapan Bahasa Inggris Siswa Smk Wirakarya Mandiri Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 81–88.

Juliana, J., Amaniarsih, D. S., & Darmayanti, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Sma Harapan 1 Medan Melalui Penerapan Metode Sq3R. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 457–464. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1870

Juliana, J., & Pasaribu, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 222–227.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4331-4340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.