PENGUATAN MOTIVASI DAN MINAT TERHADAP PENDIDIKAN UNTUK ANAK PUTUS SEKOLAH DI KECAMATAN LUBUK BESAR

Fitri Apriani, Sasih Karnita Arafatun, Agci Hikmawati

Abstract


Kecamatan Lubuk Besar merupakan salah satu kecamatan dengan tingkat angka putus sekolah tertinggi di Kabupaten Bangka Tengah. Hasil penelitian kerjasama Unmuh Babel dan Bappelitbangda Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022 terdata 404 anak putus sekolah di usia produktif sekolah dengan faktor yang melatarbelakangi adalah minat anak untuk bersekolah sebesar 54,82%. Berkaitan dengan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kegiatan pengabdian sebagai tindak lanjut kegiatan ini melakukan berbagai kegiatan antara lain sosialisasi penguatan motivasi dan minat melalui kegiatan Talk Show Inspiratif Penguatan Motivasi dan Minat terhadap Pendidikan dengan Tema “Pentingnya Pendidikan untuk Masa depan yang Lebih Baik”. Metode yang digunakan dalam kegiatan pegabdian ini adalah metode penyuluhan dengan presentasi, diskusi, dan tanya jawab dimana narasumber melakukan pendekatan persuasive dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan untuk masa depan. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan sangat baik dan kondusif. Seluruh peserta yang hadir pada Talk Show Inspiratif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan tertib dan aktif dari mulai awal pembukaan, penyampaian materi oleh narasumber, sesi diskusi hingga acara penutupan. Hasil dari kegiatan ini didapatkan 58 anak putus sekolah umur produktif yaitu 7 – 20 tahun di yang hadir dari 5 kali kegiatan talk show inspriratif, termotivasi untuk mengikuti pelatihan dan PKBM Terpadu Lubuk Besar sebagai warga belajar sebesar 75%.


Keywords


pendidikan, anak putus sekolah, motivasi

Full Text:

PDF

References


Apriani, F., Arafatun, S. K., & Hikmawati, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Damanik, D., & Lubis, M. D. H. (2020). Pemanfaatan Ikan Cakalang menjadi Abon di Rua Kota Ternate, Maluku Utara. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 1(1), 18-25.

Hadiyanti, P. (2008). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan produktif di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 90-99.

Hatimah, I. (2006). Pengelolaan pembelajaran berbasis potensi lokal di PKBM. Mimbar pendidikan, 1(25), 39-45.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octaviani, V., Narti, S., & Nurwita, S. (2018). Peningkatan sumber daya masyarakat desa dalam binaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3845-3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.