EDUKASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING BEBASIS SISTEM INFORMASI CHATBOT PADA BUMDES DESA KLAMPAR
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma bisnis, mempengaruhi usaha-usaha kecil dan menengah, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan, menjadi contoh potensial dalam pemanfaatan digital marketing dan sistem informasi chatbot untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan pendapatan. Hasilnya menunjukkan peningkatan efisiensi pemasaran, kualitas layanan, dan kepercayaan pelanggan. Penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi efektif untuk meningkatkan daya saing BUMDES dan usaha kecil lainnya di era digital. Studi ini memberikan panduan bagi BUMDES lain dalam mengadopsi teknologi serupa guna meningkatkan kinerja mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Iwan Santosa. (2022). Bangga Batik Indonesia yang Mendunia. Maranatha News. https://news.maranatha.edu/featured/bangga-batik-indonesia-yang-mendunia
Kurniawan, A & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 12. http://jurnal.unpad.ac.id/sawala/article/view/26588/pdf
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
Setiawati, I & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional Dan Call for Paper Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah Dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017.
Uly. (2022). 5 Daerah Penghasil Batik Terbesar di Indonesia. umparan.com/berita-hari-ini/5 daerah-
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v%25vi%25i.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.