EDUKASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING BEBASIS SISTEM INFORMASI CHATBOT PADA BUMDES DESA KLAMPAR

(1) Prita Dellia Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(2) Sigit Dwi Saputro Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(3) Muhamad Afif Effindi Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(4) * Mochamad Habibie Dwi Prasetyo Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(5) Hurin In Liaf Detina Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(6) Ira Sentiawati Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
(7) Charlista Angel Puspita Ghozal Mail (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma bisnis, mempengaruhi usaha-usaha kecil dan menengah, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan, menjadi contoh potensial dalam pemanfaatan digital marketing dan sistem informasi chatbot untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan pendapatan. Hasilnya menunjukkan peningkatan efisiensi pemasaran, kualitas layanan, dan kepercayaan pelanggan. Penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi efektif untuk meningkatkan daya saing BUMDES dan usaha kecil lainnya di era digital. Studi ini memberikan panduan bagi BUMDES lain dalam mengadopsi teknologi serupa guna meningkatkan kinerja mereka.


Keywords


Teknologi Informasi dan Komunikasi, Digital Marketing, Sistem Informasi Chatbot

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v%25vi%25i.%25p
      

Article metrics

Abstract views : 486 | PDF views : 193

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Iwan Santosa. (2022). Bangga Batik Indonesia yang Mendunia. Maranatha News. https://news.maranatha.edu/featured/bangga-batik-indonesia-yang-mendunia

Kurniawan, A & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 12. http://jurnal.unpad.ac.id/sawala/article/view/26588/pdf

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.

Setiawati, I & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional Dan Call for Paper Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah Dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017.

Uly. (2022). 5 Daerah Penghasil Batik Terbesar di Indonesia. umparan.com/berita-hari-ini/5 daerah-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.