PEMANFAATAN BUAH PEPAYA CALIFORNIA MENJADI PRODUK SELAI DAN MANISAN (LAISAN) DENGAN SMART PACKAGING DI KECAMATAN PAGAR ALAM UTARA, KOTA PAGAR ALAM

Sasmita Sasmita, Siti Muntari, Inka Rizki Padya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan buah papaya California menjadi produk selai dan manisan (LAISAN) dengan smart packaging di Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam. Pemasalahan yang dihadapi petani adalah saat ini banyaknya petani yang membudidayakan tanaman buah papaya California, adanya keberagaman kualitas buah papaya California dan sedikitnya agen sebagai penadah buah papaya California, hal ini tentunya mengakibatkan penurunan harga buah papaya californa dan pemasaran yang dilakukan hanya sebatas pemasaran secara lokal dan tidak adanya produk olahan dari buah papaya California. Maka diperlukan strategi untuk meningkatkan hasil buah papaya dengan memperluas jangkauan pemasaran dan membuat produk olahan dari buah papaya menjadi selai dan manisan (LAISAN). Solusi yang dapat dijadikan alternative adalah 1) membuat produk olahan buah papaya menjadi selai dan manisan (LAISAN), 2) membuat kemasan smart packaging untuk produk LAISAN, dan 3) Pembuatan pemasaran secara online dengan penggunaan media social seperti facebook, Instagram, dan tik tok. Hasil kegiatan PKM ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan kelompok Wanita tani buah papaya di Kecamatan Pagar Alam Utara, 2) Meningkatkan keterampilan kelompok Wanita tani, 3) Publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi Sinta dengan status published,4) Publikasi pada media masa cetak/elektronik dengan status published, 6) Video kegiatan yang di share di media social. Tahapan pengabdian dimulai dari edukasi kelompok Wanita tani buah papaya California, melakukan pemanfaatan buah papaya California menjadi produk olahan selai dan manisan (LAISAN), teknik pengemasan smart packaging dan penjualan secara online.


Keywords


Pepaya, California, LAISAN, Smart, Packaging

Full Text:

PDF

References


Atiisobhiita M, Fauziiyah M, Deiwatama D. Kontrol Keiceipatan Putar MotorPeingaduk Seilaii deingan Meinggunakan Meitodei PIi pada Proseis Peimasakan Seilaii Nanas. J Eileiktron dan Otomasii Iind. 2020;4(3):7.

Feinii R, Mardiiantii S, Marwan Ei, Yawahar J, Niingsiih F. Peimanfaatan Buah Peipaya Seibagaii Maniisan Dii Deisa Niiur Keicamatan Sukaraja Kabupatein Seiluma. J Peingabdii Masy Iindoneis. 2022;2(5):641–7.

Rahayu EiS, Priibadii P. Kadar Viitamiin Dan Miineiral Dalam Buah Seigar Dan Maniisan Basah Kariika Diieing (Cariica pubeisceins Leinnei&K.Koch). Biiosaiintiifiika J Biiol Biiol Eiduc. 2012;4(2):89–97.

Suyantii, Seityadjiit, Ariif A Biin. Produk Diiveirsiifiikasii Olahan Untuk Meiniingkatkan Niilaii Tambah Dan Meindukung Peingeimbangan Buah Peipaya (Cariica Papaya L) Dii Iindoneisiia. Bul Teiknol Pascapanein Peirtan. 2012;8(2):63–70.

Wardoyo Putro PU, Suliistiiyowatii LN. Peilatiihan Smart Packagiing Pada Usaha Miikro Eimpiing Jagung Dii Kabupatein Mageitan. J Beirdaya Mandiirii. 2020;1(2):193–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.3047-3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.