PENGARUH EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG JAJANAN SEHAT PADA SISWA/SISWI KELAS VI SDN MEKARMUKTI 06

Kiki Puspasari, Karin Octavia, Yuliana Dewi, Zaskia Ramdayani, Iqlima Delia Roza

Abstract


Pengetahuan gizi penting bagi anak karena tanpa pengetahuan tersebut mustahil mereka dapat mengintegrasikan informasi gizi seimbang ke dalam pola makannya. Usia sekolah merupakan usia dimana anak tumbuh dan berkembang dengan relatif cepat. Mereka terus berolahraga, seperti bermain, berolahraga, atau membantu ibu bapak menyelesaikan tugas rumah. Masalah gizi serius seperti obesitas pada anak-anak yang mengonsumsi terlalu banyak kalori atau gizi buruk, dan pertumbuhan dan perkembangan terhambat pada anak-anak yang kekurangan gizi dapat diakibatkan oleh kebiasaan dan pola makan yang buruk pada anak usia sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang jajanan dan makanan sehat melalui brosur dan presentasi PowerPoint. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Mekarmukti 06 Cikarang Utara dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode penentuan prioritas masalah menggunakan metode USG (Urgent, Seriousness, Growth). Desain kelompok kontrol pre-test post-test digunakan untuk merancang penelitian ini secara kuasi-eksperimental. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi (1) pembuatan materi pendidikan menggunakan handout dan presentasi PowerPoint; (2) memberikan edukasi kepada siswa dengan menggunakan metode penilaian sebelum dan sesudah tes dengan menggunakan handout dan presentasi PowerPoint; (3) Ikuti kuis tentang jajanan dan makan sehat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan siswa/siswi antara hasil pre- test dan post- test dengan media edukasi menggunakan leaflet dan materi PowerPoint dan nilai p-value signifikan.


Keywords


Edukasi, Leaflet, Power point, masalah gizi

Full Text:

PDF

References


Asmi, N. F., & Lestari, W. (n.d.). PELATIHAN POLA KONSUMSI JAJANAN DAN GAYA HIDUP SEHAT MENGGUNAKAN VIDEO EDUKASI PADA REMAJA.

Jurnal, P., Masyarakat, K., Andriyani, S., & Kurniasari, R. (n.d.). PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL (ANIMASI) TERHADAP PENGETAHUANGIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.307-311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.