PENERAPAN PENDAMPINGAN PENDAPATAN LOKAL UMKM MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DENGAN PENDEKATAN PAR
Abstract
Urgensi pertumbuhan ekonomi pada saat ini tidak hanya pada sektor usaha yang besar, tapi UMKM juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UMKM di Pulau Pari, Kepulauan Seribu pada saat ini masih menggunakan teknik penjualan dan pemasaran secara tradisional. Kegiatan pemasaran dengan digital marketing pada saat ini sangat marak, karena pengguna internet terus bertambah setiap tahunnya. Digital marketing dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan lokal pelaku UMKM di Pulau Pari. Proses pengabdian ini dilakukan dalam waktu dua hari dan dilanjutkan pendampingan selama 3 bulan. Pendampingan menggunakan pendekatan PAR (Participation, Action, and Research) karena lebih terfokus dengan proses pemanfaatan digital marketing. Pendampingan dalam pemanfaatan digital marketing diharapkan bermanfaat serta berguna bagi pihak UMKM, pemerintah, maupun akademisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurohim, D., & Mochammad Ramdan, A. (2022). Survival Strategies and Online Marketing in the Time of the COVID-19 Pandemic of Bandung City SME: A Case Study of the Cibaduyut Shoe Center. Quantitative Economics and Management Studies (QEMS), 3(6). https://doi.org/10.35877/454RI.asci1259
Achmad, W. (2023). MSMEs Empowerment through Digital Innovation: The Key to Success of E-Commerce in Indonesia. Daeungku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3. https://sainsmat.org/index.php/daengku/article/view/1742/1157
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, H. M., Kambau, R. A., & Rahman, S. A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Eds.; 1st ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/view/19/16/74-1
Amaliyah, A., Dimisyqiani, E., Apriliani, L., & Sedianingsih, S. (2022). Improving the MSME Capability of the Madurese Community Through Mobile Series Applications and Digital Marketing Training. Indonesia Berdaya, 3(4), 1129–1138. https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/3449
Chusniyah, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1582/618
Dewi, G. C., Yulianah, Bernardus, D., Purwono, B. S. A., & Yatna, C. N. (2023). POST-PANDEMIC MSME BUSINESS STRATEGY: DIGITAL MARKETING INNOVATION AND TRANSFORMATION. Jurnal Ekonomi Sean Institute, 12. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/1611/1247
Fachrurazi, Zarkasi, Maulida, S., Hanis, R., & Yusuf, M. (2022). INGCREASING MICRO SMALL MEDIUM ENTEPRISES ACTIVITY ENTREPRENEURIAL CAPACITY IN THE FIELD OF DIGITAL MARKETING. Jurnal Ekonomi Sean Institute, 11. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/945/782
Fikri, M. A., Sinduwiatmo, K., Qudus, N., & Nirwana, S. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DESA BEJIJONG. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 2017–2020. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2017-2020
Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Undiksha, 10.
Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, Tahirs, J. P., & Alfiana. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesia Journal of Community Research and Engagement, 3. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/amalee/article/view/2782/1379
Noviana, P. teddy, & Darma, G. S. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies during the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4. https://ejournal.iocscience.org/index.php/mantik/article/view/1084/775
Qodariah, L., Dharma, A. P., Handayani, S. L., Sari, P. M., Asmara, S., & Fajrin, N. (2022). Pendampingan Kegiatan Eduekowisata Melalui Potensi Alam Curug Goong dan Kawasan Konservasi bagi Guru dan Siswa di Desa Gekbrong. Publikasi Pendidikan, 12(1), 36–41. https://doi.org/10.33846/Sf11425
Qomar, Moh. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Community Development Journal, 3, 74–81. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/3494/3893
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6.
Sherly, Halim, F., & Sudirman, A. (2020). THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN INCREASING MARKET SHARE OF MSME PRODUCTS IN PEMATANGSIANTAR CITY. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9. https://journal.stieindragiri.ac.id/index.php/jmbi/article/view/206/188
Sinaga, N. A., Riwayani, R., Simamora, F. N., Tanjung, A., & Saragih, S. A. (2023). OPTIMALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK HASIL-HASIL PERTANIAN DESA PANANGGAHAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 29(1), 103–108. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/43847
Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, P., & Zulham, M. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KELOMPOK TANI KELORIA. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 29(1), 60–63. https://doi.org/10.1016/j.jff.2021.1
Suhermin, Rarnadhani, Y. C., Budiyanto, & Subarjo, A. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/11448/4582
Umar, Syarifuddin, Ihwan, & Kuriawansyah. (2022). PENGUATAN PEMAHAMAN BIDANG SOSIAL DAN KEAGAMAAN BAGI MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KKN-PAR DI KELURAHAN OI FO’O KOTA BIMA. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/taroa/article/view/740/589
Wulanda Suci Padi, A., Kartini, T., Silaningsih, E., Yuningsih, E., Gemina, D., Rachmat Jailani, M., & Zaenudin, I. (2023). OPTIMALISASI DIGITALISASI PADA UMKM SANGHUI, PARAS FURNITURE DAN DI & DIN COLLECTION. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1907-1913
Zahrotur, Fitriana, Kumaradia, H., & Kholidatu. (2019). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 81–85. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1582/618
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4140-4148
Refbacks
- There are currently no refbacks.