SOSIALISASI PENDIDIKAN TINGGI VOKASI BIDANG PERKEBUNAN BERBASISKAN LABORATORIUM TEKNOLOGI KELAPA SAWIT BAGI SISWA SMA DI KOTA SAMARINDA

M. Atta Bary, Muh. Yamin, Edi Wibowo Kurniawan, Dody Purwanto, Sofyan Bulkis, Herijanto Thamrin

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini merupakan bagian penting dari tugas utama dosen dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dan mensosialisasikan bentuk pendidikan tinggi vokasi bagi masyarakat khususnya peserta didik sekolah menengah atas (SMA). Politeknik merupakan salah bentuk pendidikan tinggi yang ada di Indonesia yang berorientasi pada peningkatan keahlian dan ketrampilan lulusan untuk siap kerja. Politeknik dikenal juga dengan pendidikan tinggi vokasi. Politeknik bidang pertanian di Indonesia tidak terlalu populer hal ini ditunjukan dengan sedikitnya jumlah Politeknik bidang pertanian dibandingkan dengan politeknik bidang keterampilan lainnya seperti teknik, kesehatan, keperawatan, akuntansi dan bidang lainnya selain pertanian. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mensosialiasisakan bentuk pendidikan tinggi vokasi bidang pertanian kepada siswa sekolah menengah atas di kota samarinda dengan cara mengenalkan pola pembelajaran di laboratorium yang biasa digunakan untuk kegiatan praktek mahasiswa bidang pertanian dan perkebunan di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Manfaat dari kegiatan ini adalah para siswa yang terlibat kegiatan ini secara langsung akan mendapatkan pengalaman baru dalam pola pembelajaran, penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi dengan metode simulasi langsung skala laboratorium dan hasil (produk) dari proses teknologi yang disimulasikan.


Keywords


pendidikan tinggi, vokasi, politeknik pertanian, laboratorium

Full Text:

PDF

References


Annisa, V. (2021). Good Laboratory Practice (GLP) in The European Union. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37311/ijpe.v2i1.11781

FAOSTAT. 2021. Crops Processed. http://www.fao.org/faostat/en/#data/QD , Retrieved 14/01/2021

Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015

Mayes, S. (2020). The history and economic importance of the oil palm. In M. Ithnin & A. Kushairi (Eds.), The oil palm genome. Compendium of plant genomes. Springer

Meijaard, E., Brooks, T. M., Carlson, K. M., Slade, E. M., Garcia-Ulloa, J., Gaveau, D. L., Lee, J. S. H., Santika, T., Jufe-Bignoli, D., Struebig, M. J., & Wich, S. A. (2020). The environmental impacts of palm oil in context. Nature Plants, 6(12), 1418–1426

Nurrochmat, D. R., Boer, R., Ardiansyah, M., Immanuel, G., & Purwawangsa, H. (2020). Policy forum: Reconciling palm oil targets and reduced deforestation: Landswap and agrarian reform in Indonesia. Forest Policy and Economics, 119, 102291. https://doi.org/10.1016/j.forpol.2020.102291

Nzeka, U.M. 2014. Nigeria Provides Export Market for Oilseeds and Products. In GAIN Report, USDA Foreign Agricultural Service. https://apps.fas.usda.gov/newgainapi/api/report/downloadreportbyflename?flename=NigeriaProvidesExportMarketforOilseedsandProducts_Lagos_Nigeria6–2–2014.pdf

Schmidt, J., & Weidema, B. P. (2008). Shift in the marginal supply of vegetable oil. International Journal of Life Cycle Assessment, 13(3), 235–239. https://doi.org/10.1065/lca2007.07.351

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya, A. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 23–26




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4040-4046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.