PELATIHAN PENGEMASAN, PROSES PERIZINAN DAN DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN PENJA

Nurmaranti Alim, Fitri Fitri, Muhammad Arhim

Abstract


Ikan penja banyak dipasarkan oleh masyarakat di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dalam bentuk basah maupun kering. Banyaknya masyarakat yang menjajakan hasil laut ini tidak berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh. Hal ini disebabkan karena penanganan produk dan diversifikasi yang masih rendah serta pengemasan produk yang tidak sesuai standar. Oleh karena itu tim pengabdian melaksanakan pelatihan pengemasan sekaligus perizinan serta diversifikasi produk. Adapun tujuan dari aktivitas ini untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta memotivasi peserta terkait pengemasan, perizinan dan diversifikasi produk. Mitra dari program pengabdian ini yaitu “Inara frozen food”. Metode pelaksanaan program yang dilakukan adalah dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Hasil dari program ini yakni peserta telah memahami bagaimana bentuk pengemasan yang baik, alur perizinan serta contoh diversifikasi produk ikan penja kering. Hasil evaluasi menunjukkan, setelah pemaparan materi sebesar 80% peserta telah memahami kemasan yang baik dan higienis, 85% peserta sudah memahami informasi yang harus ada pada kemasan dan 70% peserta sudah mengetahui bagaimana alur perizinan PIRT.  Selain itu, program ini juga menghasilkan kemasan yang menarik dan sesuai standar yang dibagikan kepada mitra


Keywords


penganekaragaman, kemasan, ikan penja, PIRT

Full Text:

PDF

References


Al Mushofi, M., & Syamsi, B. A. (2021). Respon UMKM Produk Makanan Terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal di Kabupaten Pamekasan. Kaffa: Jurnal Fakultas KeislamanKaffa: Jurnal Fakultas Keislaman, 2(2).

Asfar, A. M. I. A., Rifai, A., Nurdin, M. I., Damayanti, J. D., & Asfar, A. M. I. T. (2021). Pengolahan Ikan Teri Kering Menjadi Abon Asin Gammi. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Didiharyono, D., Tenrigau, A. M., & Marsal, M. (2018). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Dijadikan Bantal Yang Berkualitas Dan Bernilai Ekonomis Di Desa Tolada Kecematan Malangke Kabupaten Luwu Utara. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–13.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan strategi promosi pada umkm

CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43.

Kusumawaty, Y. (2018). Strategi pemasaran produk makanan ringan khas Riau (keripik nenas dan rengginang ubi kayu). Jurnal Agribisnis, 20(2), 124–138.

Murwadji, T., & Saraswati, A. (2019). Peningkatan Kapasitas Bisnis Usaha Mikro Kecil Melalui Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 1(1), 13–31.

Raznilawati, R. (2017). Analasis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Enzyme Palopo. Humano: Jurnal Penelitian, 8(1), 14–25.

Sari, D. I. (2018). Perlindungan hukum atas label halal produk pangan menurut undang-undang. Repertorium: Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan, 7(1), 1–14.

Syafii, F., & Fajriana, H. (2022). Optimasi Proses Pengeringan pada Pembuatan Tepung Ikan Penja terhadap Kadar Protein, Kadar Gizi, Kadar Air dan Rendemen Tepung Ikan Penja. Journal Of Agritech Science (JASc), 6(02), 101–111.

Yuniastuti, A., Setiati, N., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Olahan Hasil Ternak Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Dasar Susu di Kelurahan Cepoko Gunungpati Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 15(1), 11–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3832-3838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.