AUDIO-VISUAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR BAHASA INGGRIS GURU TK ABA TLOGOADI I MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Setya Putri Rahayu, Farida Noor Rohmah

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan paparan Bahasa Inggris pada anak-anak. Periode kanak-kanak merupakan periode emas untuk memperkenalkan Bahasa Inggris karena pada masa ini otak anak-anak berkembang dengan sangat pesat termasuk dalam hal pengenalan bahasa asing. Akan tetapi tidak semua guru TK percaya diri mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak didik mereka karena mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, pembuatan media audo visual pengenalan warna dalam Bahasa Inggris penting dilakukan agar guru TK dapat menjadi lebih percaya diri mengajarkan kepada anak didik mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris guru TK ABA Tlogoadi I. Kegiatan ini dilaksanakan secara dua tahap yaitu tahap persiapan pembuatan media audio-visual dan pelaksanaan micro teaching sosialisasi penggunaan media audio-visual tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan manfaat untuk meningkatkan  kemampuan guru-guru TK ABA Tlogoadi I untuk mengajarkan kosa kata dasar Bahasa Inggris.


Keywords


Audio-Visual Media, Kemampuan Mengajar, Bahasa Inggris, Guru TK

Full Text:

PDF

References


Alenezi, H., Ihmeideh, F. M., & Alshaboul, Y. (2022). Kindergarten Teachers' Challenges in Teaching English as a Foreign Language to Children . International Journal of Early Years Education , 722-737.

John, O., & Grayson, A. (2004). Cognitif and Language Development in Children. Blackwell Publishing .

Ma'arif, Y. N. (2021). The Importance of Preparing Younger Generation with English Skill in Today's Era . Class Conference. Surabaya, East Java : ITS.

Menyuk, P., & Brisk , M. E. (2005). Language Development and Education: Children with Varying Language Experiences. London: Palgrave Macmillan .

Nufus , T. Z. (2018 ). Teaching English to Young Learners in Indonesia (Pros and Cons). English Language in Focus , 65-70.

Putri , S. A., & Listiyani , L. (2020). Kindergarten Teachers' Strategies to Teach English Vocabulary in A Monolingual School in Ambarawa, Indonesia . Prominent , 287-304.

Rahayu, S. P. (2021). The Self-Efficacy among Non-English Lecturers in Using English as an Academic Language . Enjourme, 36-44.

Reed, M. A. (2009). Children and Language: Development, Impairment and Training. New York: Nova Science Publisher Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4101-4106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.