UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SDN ANJIR PASAR KOTA 2 DESA ANJIR PASAR KOTA, KECAMATAN ANJIR PASAR, KABUPATEN BARITO KUALA, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Laila Azkia, Fitri Mardiani, Ari Setiawan, Neli Ameliasari

Abstract


Kegiatan pengabdian masayrakat di SDN Anjir Pasar Kota 2 Desa Anjir Pasar Kota berjalan sesuai dengan sasaran yang diharapkan yakni menuntaskan permasalahan yang dihadapi oleh mitra yakni meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa-siswi dengan melakukan pendampingan dan pembinaan kepada guru dan siswa terkait penting nya pegelolaan pojok literasi. Melalui kegiatan pengabdian ini juga dapat meningkatkan literasi dan numerasi siswa-siswi dengan memberikan pemahaman akan penting nya literasi dan numerasi yang disampaikan secara kontekstual dan aplikatif dalam keseharian. Sehingga hal-hal positif akan terbangun dan mereka mampu memaknai kegiatan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan.


Keywords


Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, W. 2009. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa diMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lestari, Frita Dwi, Ibrahim, Muslimin, dkk. 2021. Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 5, Nomor 6.

Nurdiyanti, Eko & Suryanto Edy. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13 (2), Agustus 2010, 115 – 128.

Sakdiyah, H. (2022). Kenalkan Literasi dan Numerasi pada Anak Usia Dini Lewat Bermain Sambil Belajar. https://ppid.bogorkab.go.id/

Warsihna, Jaka. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, Volume 4, Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4149-4156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.