SOSIALISASI IMPLEMENTASI SISTEM IDENTIFIKASI PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN BERBASIS INTERNET OF THINGS DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Irma Salamah, RD Kusumanto, Nadia Oktavia

Abstract


Di era digitalisasi saat ini, manusia sangat bergantung pada teknologi. Era revolusi Industri 4.0 yang ditandai oleh kemunculan Internet of Things (IoT), yang dianggap sebagai solusi cerdas yang menghubungkan manusia, benda, objek, dan perangkat dalam sistem terintegrasi melalui jaringan internet. Pemanfaatan IoT memiliki potensi besar dan dapat diimplementasikan di dunia perpustakaan untuk meningkatkan layanan, sebab kenyamanan dan keamanan pengunjung sangat diperlukan agar minat baca dan kunjungan perpustakaan meningkat. Berdasarkan hasil observasi dari tim pengabdian, diketahui bahwa perpustakaan di Politeknik Negeri Sriwijaya masih mencatat data pengunjung secara manual pada saat pengunjung datang ke perpustakaan. Hal ini tentu tidak efektif digunakan karena akan menimbulkan beberapa masalah. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem yang dapat otomatis mengidentifikasi serta mencatat data pengunjung dengan tingkat keamanan yang optimal. Tujuan daari pengabdian ini adalah untuk memberikan sosialisasi tentang pengembangan teknologi pintar seperti Internet of Things yang dapat dijadikan solusi dari permasalahan yang ada dan dapat meringankan pekerjaan manusia. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang berisi 5 butir penilaian kepada seluruh peserta. Berdasarkan hasil rekapitutalasi tanggapan dari peserta, disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, sesuai dengan pendidikan peserta, serta penjelasan dari pemateri telah disampaikan dengan singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.

Keywords


Perpustakaan, Internet of Things, Sistem Identifikasi Pengunjung

Full Text:

PDF

References


Fahmizal, S. T., Mayub, A., Kom, M., Arrofiq, I. M., & Ruciyanti, F. (2022). Mudah Belajar Arduino dengan Pendekatan berbasis Fritzing, Tinkercad dan Proteus. Deepublish.

Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 95-104.

Lengkong, L. C., Rachmawati, R., & Asmoyo, A. C. (2020). Perancangan Ulang Interior Ruang Layanan Koleksi Monograf Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Samsugi, S., Damayanti, D., Nurkholis, A., Permatasari, B., Nugroho, A. C., & Prasetyo, A. B. (2021). Internet of Things Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 173-177.

Tompunu, A. N., Admirani, I., Azwardi, C. R., & Khairunisa, F. (2021). Implementasi Pengelolaan Arsip Digital Berbasis Website pada Sekretariat Senat Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal EL Sains P-ISSN, 2527, 6336.

Utomo, T. P. (2019). Potensi Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(1), 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4035-4039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.