MENINGKATKAN KEMAMPUAN TIK KEPADA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM KKN DI DESA SIMANOSOR, SIBABANGUN TAHUN 2023

Alfin Siregar, Hairul Amri, Putrama Al-Chairi Pulungan, Rinaldi Batubara, Sartika Dewi

Abstract


Kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara untuk mengabdi kepada masyarakat dengan membantu menyelesaikan permasalahan dengan melakukan beberapa kegiatan pemberdayaan. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi di desa Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai tempat Kuliah Kerja Nyata. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya anak-anak di desa simanosor yang belum tau akan teknologi informasi dan komunikasi serta pemanfaatannya dalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok kkn 59 uinsu bersama pemerintah desa berupa pelatihan dan kegiatan yang dilakukan berhasil meningkatkan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat di desa simanosor.

Keywords


kemampuan, anak-anak, teknologi, komunikasi

Full Text:

PDF

References


Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121-125.

Kucirkova, N. (2018, november 21). Personalised Learning with Digital Technologies at Home and School: Where is Children’s Agency? Emerald Publishing Limited.

Nurnawati, E. K., & Sutanta, E. (2018). Sosialisasi Manfaat Dan Bahaya Pemakaian Teknologi Informasi Di Kalangan Anak-Anak Di Dusun Karet Pleret Bantul Yogyakarta. Dharma Bakti, 123-132.

Nurrochman, T., & Murtiyasa, B. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. MASALIQ, 3(2), 231-240.

Rupilele, F. G., Palilu, A., Lopulalan, J., Pattiwael, M., & Lahallo, F. F. (2021). Pelatihan Pengenalan Dasar Komputer Dan Aplikasi Microsoft Office Kepada Anak-Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 4(1), 1-10.

Sara, K., Lendu, F. T., Mude, A., Kurniati, E., & Randu, S. L. (2023). Pengenalan Perangkat TIK Bagi Anak Sekolah Dasar di Desa Pemo. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(9), 6073-6078.

Shofa, F. M., & Hanik, E. U. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. FASHLUNA, 1(02), 16-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4030-4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.