SOSIALISASI PENTINGNYA LITERASI DINI DAN MENYARING INFORMASI PADA SISWA MI RAUDLATUL MUBTA'DIIN

Ibnur Rusi, Muhardi Muhardi, Rifki Rionda Arsyandi, Maya Tiara Ayu, Farahdiba Helwa Latifah

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan oleh tim PkM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Sasaran PkM yaitu siswa dan siswi MI Raudlatul Mubta'diin Desa Pasak Kubu Raya Kalimantan Barat. PkM yang dilakukan menggunakan metode terstruktur terdiri dari observasi lingkungan, perumusan solusi, dan implementasi PkM. Bentuk PkM berupa sosialisasi dan praktik baik penerapan literasi dan menyaring informasi. Adapun tujuan dari PkM ini yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman literasi, mengupayakan budaya literasi, meningkatkan rasa percaya diri, keberanian, tanggungjawab, kepekaan terhadap lingkungan, serta melatih ketelitian siswa dan siswi MI Raudlatul Mubta'diin. Pelaksanaan sosialisasi literasi berjalan dengan baik dan lancar dibuktikan dari antusiasme siswa, sedangkan pada praktik literasi terdapat tiga kegiatan yang dilakukan yaitu literasi lingkungan sekitar, literasi melalui membaca nyaring, dan literasi dengan bercerita.


Keywords


literasi, sosialisasi, praktik baik, MI Raudlatul Mubta'diin

Full Text:

PDF

References


Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini di Era Digital. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148–172.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23.

Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79.

Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34.

Nafi’ah Setiani, N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 411–427.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

Purnamasari, B. N., Nirwana, & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Rizaldi, D. B., & Yana, D. (2022). Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap Teknologi Informasi dan Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1302–1307.

Rokhmatulloh, E., & Sudihartinih, E. (2022). Membangun Literasi Membaca Pada Anak Melalui Metode Membaca Nyaring (Read Aloud). Cendekia, 16(1), 54–61.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100.

Susilo, H., & Hermawan, I. M. S. (2018). Konsep literasi lingkungan dalam perspektif budaya tri hita karana masyarakat Bali: sebuah kajian literatur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 696–703.

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4021-4029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.