PEMBERDAYAAN APARATUR PEMERINTAHAN DESA DALAM BIDANG ADMINISTRASI DAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS PADA MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU DI DESA SEGARJAYA KECAMATAN BATUJAYA KABUPATEN KARAWANG

Sayan Suryana, Acep Nurlaeli, Sya'roni Mashum, Ferianto Ferianto

Abstract


Desa Segarjaya merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Batujaya Sebelah Utara Kecamatan dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karawang dengan Luas Wilayah Desa Segarjaya ± 5.597.419 Ha. Metode pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara offline atau luring ke Desa Segarjaya). Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilakukan setelah ada persetujuan dari desa mitra. Kegiatan utama yang telah dilakukan secara garis besarnya yaitu mengidentifikasi berbagai permasalahan, menemukan solusi yang tepat serta melakukan kegiatan pemberdayaan kepada Aparatur Pemerintahan Desa Segarjaya. Pelatihan dan peningkatan kapasitas Aparatur Desa dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam administrasi, manajemen dan pelayanan publik. Pelatihan mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan desa dan teknik komunikasi efektif. Pelatihan melibatkan penyusunan ulang prosedur administratif, pembuatan panduan kerja, serta penggunaan alat bantu manajemen seperti perangkat lunak administrasi desa.


Keywords


Aparatur Pemerintah, Pelayanan Publik, Manajemen Peningkatan Mutu

Full Text:

PDF

References


Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Asmamatin, R., & Ferianto, F. (2023). ISLAMIC CIVILIZATION, PERIODIZATION, AND DEVELOPMENT IN INDONESIA AND SPAIN AND THEIR EFFECT ON WESTERN CIVILIZATION: A HISTORICAL REVIEW. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1149-1157.

Fina Oktaviana dkk. Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Onlien di Desa Parimono. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 1, No. 1, September 2020.

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service. Sasi, 17(3), 21-30.

Lova, E. F., & Amaliyah, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemerintah Desa Dalam Manajemen Pelayanan Publik Di Desa Gampingan Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 168-175.

Lucky Enggrani Fitri, Dedy Setiawan, Pradita Eko Prasetyo Utomo, Sylvia KartikaWulan Bhayangkari. Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis TIK Di Desa Nyogan Menuju Tata Kelola Good Governance Dan Kemandirian Desa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 4 Nomor 3 Desember 2020.

Pertiwi, A., Dema, H., Mustanir, A., & Anugrah, E. (2021). Penerapan E-Government Dalam Mewujudkan Transparansi Tata Kelola Pemerintahan Desa (Studi Pada Pemerintahan Desa Bulo Timoreng). PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 9(3), 130-139.

Profil Desa Segarjaya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang.

Renaldi, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Administrasi Melalui Aplikasi Petung Dadi (Pelayanan Tunggal Dengan Sepenuh Hati) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek. Publika, 499-514.

Rianto, Husni Mubarok, Aradea. Pelatihan Penerapan Sistem Layanan Administrasi Penduduk Desa berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Siliwangi, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 5, Nomor 1, Tahun 2019.

Sari, D. R. (2018). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI Smart Netizen PADA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Desa Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Setyawati, E., Wijoyo, H., Suyudi, S., & Gunantara, F. A. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Surat Pengantar Berbasis Website Dengan Framework Codeigniter Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Desa Tambaksari Kidul Kabupaten Banyumas. Jurnal Informasi dan Komputer, 9(1), 22-31.

Alfarisi, S., & Darmiyanti, A. (2023). Integration of Multicultural Educational Values in Islamic Elementary School North Cikarang, Bekasi, West Java. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 11(2), 245-262.

Sutardji, S. (2010). Deregulasi Dan Debirokrasi Pelayanan Publik: Strategi Dan Langkah Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Di Kabupaten/Kota. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 1(1), 1-11.

Maemunah, Y., & Darmiyanti, A. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI RASA TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CIKAMPEK SELATAN JAKARTA. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(2), 199-207.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Wuri, R. R., Kaunang, M., & Pioh, N. (2017). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3901-3911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.