PENGENALAN BAHASA INGGRIS MELALUI LEARNING BY GAMES PADA ANAK SD

Rifni Nikmat Syarifuddin, Suleha Suleha, Haeruddin Syarifuddin, Ahmad Mustanir, Muhammad Rais Rahmat Razak, Nuraini K, Jumiati Jumiati

Abstract


Pengenalan bahasa inggris melalui learning by games pada anak anak tingkat sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan bahasa inggris kepada anak-anak SD dengan metode yang menyenangkan dan dilaksanakan di lingkungan yang terbuka sehingga diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk belajar bahasa inggris. Kegiatan pendampingan dilaksanakan pada bulan Agustus dan September di Desa Aka-Akae, Kabupaten Sidenreng Rappang. Terdapat beberapa tahap pada pengabdian ini yaitu analisis kebutuhan melalui Participatory Rural Appraisal (PRA), persiapan kegiatan pengenalan bahasa inggris dengan mempertimbangkan tempat dan metode pelaksanaan, serta materi yang difokuskan dengan melakukan pendekatan Focus Grup Discussion (FGD) dan pelaksanaan program dilakukan di ruang terbuka dan menggunakan metode learning by games. Pendampingan yang dilakukan memberikan hasil yang signifikan dengan adanya peningkatan pengetahuan baik pada pengenalan abjad dan angka, ucapan salam, perkenalan diri, dan pengenalan bagian-bagian tubuh, selain itu anak-anak yang merupakan objek kegiatan dapat bermain dengan sangat menyenangkan pada ruang terbuka.


Keywords


Pndampingan, Bahasa inggris, belajar menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., Hariyanti, H., & Rifni, N. S. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Jurnal Moderat, 5(3), 227–239.

Darmawan Harefa, dkk. (2021). Sosialisasi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Yayasan Pendidikan Nias Selatan Tahun 2021. KOMNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 2(3), 21–27.

Dewi, E. P., Suwartane, I. G. A., Trisnawati, N., Komsiah, S., Sovriana, R., Effendi, M. S., Sujatini, S., Suryani, F., & Dinariana, D. (2022). Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Pendampingan Pembuatan Peta Digital Interaktif Wisata Trekking Sentul Bogor Berbasis Alam dan Masayarakat Lokal. Ikra-Ith Abdimas, 5(3), 175–185. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2266

Dharma, N. Y., Anugrah, M. D., Tenggawana, S. T., Rustam, M. Z. P., Pattipi, V. C., & Utomo, A. W. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Usia TK di Dusun Ngroto. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 154–164. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p154-164

Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, S., Indiyanto, A., Fauzanafi, Z., Nugraheni, M. D. F., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 3. https://doi.org/10.22146/bb.50890

Inayah, A. F., Agung, F., & Sumadi, N. (2023). Pendampingan Siswa SMK dalam Upaya Mencegah Drug Abuse. 6(2018), 249–255.

Khaerunnisa, Latri, & Lestari. (2022). Metode Games Based Learning UntukMeningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan, 6(3), 516–520.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.

Mutia. (2021). Characteristics of Children Age of Basic Education. FITRAH, 3(1), 114–131. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/download/1330/658

Sari, W. (2017). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 20 Bandung ) Repository.Upi.Edu.

Sinaga, C. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMP Negeri 42 Medan.

http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1575

Sumalee, S. (2018). Building the capability of non-formal education teachers to develop a learning society for promoting lifelong education in Thailand. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 10(2), 10–16. https://doi.org/10.5897/ijeaps2017.0536

Yusrina, S., Marianingsih, P., & Ekanara, B. (2019). Profil Motivasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Ruang Terbuka Hijau Sebagai Sumber Belajar Pada Sub Konsep Tingkat Keanekaragaman Hayati Dikelas X Sma Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4844




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3920-3926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.