IN HOUSE TRAINING (IHT): PENGUATAN SDM GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Eko Febri Syahputra Siregar, Bambang Apriadi, Safrijal Efendi, Kristina Sibarani, Dewi Mayarani, Samirah Samirah, Junikson Siregar

Abstract


In House Training (IHT) ini bertujuan untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) guru pada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilakukan oleh Kelompok Kerja Sekolah Penggerak (KKSP) Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilakukan dengan model pelatihan dan pendampingan. Adapun tema yang dipilih, yaitu optimalisasi implementasi kurikulum merdeka dengan kualitas kompetensi pendidik pada sekolah penggerak angkatan 1 jenjang SD. Peserta pada kegiatan ini adalah para guru kelas 3 (fase B), kelas 6 (fase C) serta guru mata pelajaran. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 18 guru yang berasal dari 6 satuan pendidikan. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang dilakukan pada tanggal 10 sampai dengan 12 Juli 2023, diperoleh data yaitu : 1) tingkat kehadiran peserta sebesar 100% atau seluruh peserta sebanyak 18 orang hadir selama kegiatan berlangsung ; 2) keaktifan peserta mencapai 85% (15 peserta) rutin mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman ataupun praktik baik yang pernah dilakukan; 3) Pengerjaan tugas maupun lembar kerja mencapai 85% dengan semua peserta mengumpulkan kegiatan dan memperoleh umpan balik untuk perbaikan sesuai dengan yang diharapkan.


Keywords


iht; teacher; independent curriculum; driving school

Full Text:

PDF

References


Andini, D. W., Guru, P., Dasar, S., Sarjanawiyata, U., Yogyakarta, T., & Tamansiswa, U. S. (2000). “ Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran. 340–349.

Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. 6(2), 2846–2853.

Kemendikbudristek. (2018). Konsep Dasar Program Sekolah Penggerak. 38–58.

Marisana, D., Iskandar, S., Kurniawan, D. T., & Indonesia, U. P. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. 7(1), 139–150.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 5(2), 130–138.

Sufyadi, S. D. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4157-4164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.