PEMBINAAN DAN PEMOTIVASIAN REMAJA MESJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA SIDOREJO KEC. SIRAPIT, LANGKAT

Hemawati Hemawati, Aulia Annisa

Abstract


Masih adanya anggapan masyarakat desa Sidorejo terkait tidak pentingnya pendidikan yang mengatakan untuk apa sekolah tinggi-tinggi, nantinya juga kerja atau dirumah saja bagi yang perempuan, sehingga minimnya keinginan para pemuda (remaja) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (ketingkat Strata 1). Pada  umumnya para remaja hanya tamat sampai tingkat SMA, lalu bekerja dan menikah. Dengan pembinaan dan pemberian motivasi yang dilakukan diharapkan dapat membantu Program desa dalam mengembangkan masyarakat dengan pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pendidik untuk sekolah yang telah dibangun dari dana desa Sidorejo, khususnya pendidikan agama Islam. Metode pengabdian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Partipatory Action Research (PAR). pendekatan ini berupaya memberdayakan masyarakat, karena masyarakat sekitarlah yang mengetahui kebutuhan dan penyelesaian masalah yang terjadi. Dosen dan mahasiswa melakukan pembinaan kepada remaja mesjid dan memberikan bekal pengetahuan kepada remaja mesjid tentang pentingnya pendidikan bagi dirinya maupun untuk keluarga dan lingkungannya. Melalui pembinaan dan pemberian motivasi kepada masyarakat dari kalangan orangtua dan remaja mesjid, diharapkan dapat menyampaikan kepada yang lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu program desa dalam mengembangkan pendidikan dan SDM pendidikan Desa Sidorejo Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat.


Keywords


Pembinaan, peotivasian, remaja mesjid, Sidorejo.

Full Text:

PDF

References


Bahasa, T. P. K. P. P. dan P. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,.

Bebas, W. E. (n.d.). sidorejo, Sirapit, Langkat.

Hemawati, H. (2020). Upaya Badan Kemakmuran Mesjid (Bkm) Al-Ikhwan Dalam Mengantisipasi Perilaku Negatif Remaja Mesjid Desa Sei Limbat. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru …, 124–134. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/8129%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/download/8129/3981

Hemawati, H., Sakura, P., & Rizal, S. (2021). The Role Of Parents In Efforts To Anticipate The Negative Impact Of Social Media Development On Adolescent Behavior In The X Binjai Timur Kota Binjai. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 79–90.

Hengki Yandri, Dosi Juliawati, E. S. (2021). Pemberdayaan Remaja Masjid di Kabupaten Kerinci Melalui Kegiatan Kukerta Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Altifani, 1(1), 87–98.

Ii, B. A. B., & Teori, L. (2012). LANDASAN TEORITIS.

Maharani, D., Studi, P., Administrasi, I., & Majalengka, P. U. (2019). PENDAMPINGAN PENGURUS REMAJA MASJID. 1(1), 30–39.

Nuraeni, A. (2019). PEMBINAAN KELUARGA MUALAF UPAYA MEMBENTUK PRIBADI MUSLIM. 5(2), 125–138.

Sulaiman, H. A. (2022). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid Sabilil Jannah di Kampung Doy , Banda Aceh. 2(1), 46–56. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1005

Suparman Mannuhung, Andi Mattiagaragau, D. D. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–21.

Tinjauan Pustaka. (2003). Landasan Teori Motivasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3759-3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.