PEMANTAPAN KARAKTER SISWA MENUJU EDUPRENEURSHIP DIGITAL YANG BERKARAKTER

Jusman Tang, Ahmad Mustanir, Trisnawaty Trisnawaty, Muhammad Rais Rahmat Razak, Haeruddin Syarifuddin, Suleha Suleha, M Nurzin, Fenny Hasanuddin

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memantapkan karakter siswa dalam mengembangkan jiwa wirausaha digital yang berkarakter. Pendidikan yang berorientasi pada karakter menjadi penting dalam menghadapi era digital yang penuh dengan perubahan dan tantangan. Edukasi yang fokus pada pengembangan keterampilan berwirausaha dan karakter yang kuat dapat membantu siswa untuk menjadi edupreneur (entrepreneur pendidikan) digital yang sukses dan berintegritas. Dalam pengabdian ini, metode yang digunakan adalah melalui pelatihan, workshop, dan pendampingan siswa dalam mengembangkan ide-ide bisnis digital mereka sendiri. Siswa diajak untuk mengidentifikasi masalah sosial atau ekonomi yang relevan dalam konteks digital, dan mereka didorong untuk menciptakan solusi berbasis teknologi yang inovatif. Selain itu, pendekatan ini juga menitikberatkan pada pengembangan karakter seperti integritas, ketekunan, kreativitas, kepemimpinan, dan kolaborasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang wirausaha digital dan karakter yang diperlukan dalam berwirausaha. Siswa tidak hanya mampu mengembangkan ide bisnis digital yang inovatif, tetapi juga memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya etika dan tanggung jawab sosial dalam dunia digital. Selain itu, mereka juga mampu bekerja sama dalam tim dan memimpin dengan integritas. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam memantapkan karakter siswa menuju edupreneurship digital yang berkarakter. Melalui pendekatan ini, kita dapat menciptakan generasi muda yang siap menghadapi perubahan dunia digital dengan keyakinan diri dan integritas yang tinggi.


Keywords


Siswa, Edupreneurship, Digital, Berkarakter

Full Text:

PDF

References


Badrut Tamam, Akhmad Muadin. (2019). “Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul,” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman (5)1, 13 – 21

Dwi, Friska. 2021 Penanaman Jiwa Entrepreneur Pada Siswa SD di Era Revolusi Industri 4.0, 2(1), 2723-8148. https://doi:10.47400/jiees.v2i1.32

Farida, Winnarko Henry, Gafur Abdul (2022). Penerapan Edupreneurship di SMKN 5 Balikpapan pada Siswa Jurusan Teknika Kapal Niaga dengan Memberikan Pelatihan Pembuatan Minuman Non-alkohol (Mocktail) dan Pengolahan Makanan untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha, 2(6), 1923-1930. https://doi.org/10.54082/jamsi.544

Janah, Miftahul. (2023) Pengaruh Metode Edupreneurship Berbasis Praktik Business Center dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Purbalinnga.

Mulyatiningsih, Endang, Sugiyono, Dan Sutriyati Purwanti. (2014). Pengembangan Edupreneurship Sekolah Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutrisno, Wiriadi. (2017). Edupreneurship Sebagai Pemerkaya Kompetensi Untuk Memperkuat Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia. Prosiding 2017 Memajukan Kewirausahaan Dalam Upaya Membangun Indonesia. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan. LPPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. ISBN. 978-602-50181-0-7

Shaleh, Muhammad Assingkily, Nur Rohman. (2019) Edupreneurship Dalam Pendidikan Dasar Islam. (5)2, 2527-4589.

Sagar, H. (2015). Entrepreneurial Learning Environments And A Changed Role For Teacher.California: Europian Commision.

Taseman, Wilujeng Asih Purwani, Safaruddin, Nasrul Fuad Erfansyah, Ratna Pangastuti, Abdul Malik Dachlan, & Nukh Khozain. (2020). Meeting Standards through Integrated Curriculum: Point of View by Sussan M. Drake and Rebecca C.Bruns. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 58-62. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.11.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3807-3813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.