PENGUATAN KOMPETENSI CALON GURU DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM YASNI BUNGO

Fadhlilah Fadhlilah, Suci Fitriani, Ahmad Ansori, Fransisko Chaniago, Yulia Oktarina, Heroza Firdaus, Melia Jesica

Abstract


Era 5.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi digital yang pesat telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor kehidupan, terutaman pendidikan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman calon guru tentang pentingnya literasi digital, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan Era 5.0. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam serangkaian bentuk sosialisasi yang telah diadakan untuk mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Institut Agama Islam Yasni Bungo. Melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif, mahasiswa pada FTK yang merupakan calon guru dapat memahami pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Hasil dari kegiatan sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran calon guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran sehingga dapat menciptakan guru yang profesional Artikel ini menyajikan pengalaman dari upaya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan untuk memperkuat kompetensi calon guru dalam menghadapi revolusi 5.0. Melalui kolaborasi antar lembaga pendidikan, kegiatan ini berkontribusi dalam mempersiapkan calon guru yang kompeten, adaptif dan siap menghadapi tantanga Era 5.0 dalam bidang pendidikan.


Keywords


Sosialisasi, Era 5.0, Kompetensi Guru, Guru Profesional

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. W. W., & Artawan, K. S. (2023). Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Guru untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar, 270–276.

Husain, R. (2021). Kemampuan Guru sebagai Penggerak Pembelajaran Era Society 5.0 di Kabupaten Bone Bolango. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 201–2011.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 12(4), 1–18.

Insani, M., & Rachmedita, V. (2022). Pengimplementasian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Society 5.0 bagi Guru dan Aparatur Pemerintah se Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (BUGUH), 2(4), 93–99.

Kholid. (n.d.). Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar.

Nugroho, D. A., & Wiranata, I. H. (2021). Rectoverso Education and Technology: Digital Track of Adaptive Covid-19 Civic Education Learning. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.16392

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.

Tjahyanti, L. P. A.S., Saputra, P. S., Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Ulum, F. A., Widiyanti, & Nurhadi, D. (2018). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. JURNAL TEKNIK MESIN DAN PEMBELAJARAN, 1(2), 1–9. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

Yamin, M., & Fakhrunnisaa, N. (2022). Persepsi Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru IAIN Palopo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3814-3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.