LITERASI CINTA LAUT PADA ANAK USIA DINI YANG TINGGAL DI PESISIR KOTA PALOPO

Funty Septiyawati Polapa, Rahmawati Nur Annisa, Fajria Sari Sakaria, Syamsu Alam Ramli

Abstract


Salah satu isu strategis yang menjadi permasalahan yang terjadi di Kota Palopo saat ini adalah penurunan hasi perikanan. Penurunan tersebut diduga karena penangkapan yang berlebihan dan penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan secara terus menurus dilakukan sampai saat ini. Dampak lain yang didapatkan adalah kondisi ekosistem laut menjadi rusak, khususnya Terumbu Karang. jika tidak diatasi dengan segera maka akan mengancam keberlanjutan sumberdaya laut. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kota Palopo, NGO, akademisi (Universitas Muhammadiyah Palopo) seperti melakukan penyuluhan, penanaman mangrove, tranplantasi terumbu karang dan penyadaran masyarakat. Namun hingga saat ini masih sering terjadi tindakan-tindakan kerusakan yang menyebabkan kerusakan ekosistem laut. Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan maka kemungkinan akan berlanjut pada generasi berikutnya. Tujuan dari PKM ini adalah memberikan edukasi lingkungan sejak dini melalui melalui buku animasi dalam upaya mengubah pola perilaku masyarakat pesisir dalam pemanfaatan sumberdaya laut yang bekerlanjutan. dimana usia dini adalah usia kritis pada perkembangan fisik, intelektual, dan sosial emosional. Metode yang digunakan adalah metode bercerita dan metode demonstrasipada anak usia dini dengan menggunakan media buku cerita. Buku yang dibuat terdiri dari 3 chapter yakni chapter 1 Pengenalan tentang ekosistem laut, chapter 2 Dampak Aktifitas manusia terhadap ekosistem laut, dan chapter 3 Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan ekosistem laut. Setelah mengikuti kegiatan PKM ini anak-anak akan lebih mengenal ekosistem laut dan lebih peduli terhadap keberlangsungan hidupnya. Serta, dapat mempraktekkan perilaku Cinta Laut dalam kehidupan sehari-hari mereka

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, Muhammad Iqsal. 2019. “Strategi Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Palopo Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Nelayan.” Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo.

Bibin, Muhammad. 2021. “Sustainable Coral Reef Ecosystem Management in Palopo City Territorial Waters.” JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik) 24(2): 162.

Fernandes, Inggrit. 2017. “Tinjauan Yuridis Illegal Fishing Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Perikanan.” Jurnal Hukum Respublica 17(1): 189–209.

Fletcher, S, and J Potts. 2007. “Ocean Citizenship: An Emergent Geographical Concept.” Coast Manag 35(4): 511.

IUCN. 2021. “The IUCN Red List of Threatened Species. Version 2021-1.”

Khaironi, Mulianah. 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1(01): 1.

Palopo Dalam Angka. 2020.

Polapa, Funty Septiyawati, Shinta Werorilangi, Suharto M. Ali, and Jamaluddin Jompa. 2021. “Physiological Responses of Scleractinian Corals in Marginal Habitat.” Biodiversitas 22(9): 4011–18.

Ramdhan, Muhammad, and Taslim Arifin. 2013. “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Dalam Penilaian Proporsi Luas Laut Indonesia ( Application of Geographic Information System for Assessment of Indonesia Marine Proportion ).” Jurnal Ilmiah Geomatika 19(6): 141–46. http://jurnal.big.go.id/index.php/GM/article/viewFile/208/205.

Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 153.

Suryono, Suryono et al. 2018. “Kondisi Terumbu Karang Di Pantai Empu Rancak Kabupaten Jepara.” Tirtobinangun 21(1): 49.

Yates, K. K. et al. 2014. “Diverse Coral Communities in Mangrove Habitats Suggest a Novel Refuge from Climate Change.” Biogeosciences 11(16): 4321–37.

Yusuf, Muh. 2013. “Kondisi Terumbu Karang Dan Potensi Ikan Di Perairan Taman Nasional Karimunjawa, Kabupaten Jepara.” Buletin Oseanografi Marina 2(2): 54–60.

Zaini, Herman, and Kurnia Dewi. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1): 81–96.

Zonna, and lina marlita. 2004. “Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok.” (1): 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3860-3866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.