APLIKASI DAN SOSIALISASI VIRGIN COCONUT OIL KELAPA UTUH DENGAN METODE FERMENTASI BAKTERI PADA MASYARAKAT SEKOLAH DI SMAN 3 LANGSA UNTUK PENCEGAHAN KANKER KULIT (MELANOMA)

Mastura Mastura, Mulia Safrida Sari, Vivi Mardina

Abstract


Melanoma merupakan penyakit kanker kulit yang disebabkan oleh berubahnya sifat-sifat sel melanosit. Virgin coconut oil (VCO) memiliki aktivitas sebagai anti kanker yang sangat baik untuk menghambat induksi karsinogenik. VCO dilaporkan memiliki kandungan asam-asam lemak dengan rantai sedang yang didominasikan dengan asam lemak tak jenuh. Salah satu asam lemak dengan kandungan tertinggi pada VCO adalah asam laurat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekolah tentang penyakit kanker kulit melanoma dan pengobatannya menggunakan VCO kelapa utuh serta cara pembuatan VCO menggunakan metode fermentasi bakteri yang ada di udara. Pelaksanaan program pengabdian ini dilakukan meliputi kegiatan sosialisasi dan eksperimen langsung kepada masyarakat sekolah untuk pembuatan VCO dengan metode fermentasi bakteri yang ada di udara hingga diperoleh VCO, kemudian VCO diaplikasikan pada masyarakat sekolah yang menderita melanoma.

Keywords


Virgin Coconut Oil, fermentasi, anti kanker, melanoma, melanosit

Full Text:

PDF

References


Arrangoiz, R., Dorantes, J., Cordera, F., Juarez, M. M., Paquentin, E. M., & de León, E. L. (2016). Melanoma review: epidemiology, risk factors, diagnosis and staging. Journal of Cancer Treatment and Research, 4(1), 1-15.

Chandra, R. (2020). Gambaran Klinis dan Patologi Melanoma Maligna Kutaneus. Cermin Dunia Kedokteran, 47(9), 673-676.

Immagulate, I., & Vijaya, M. S. (2015). Categorization of non-melanoma skin lesion diseases using support vector machine and its variants. Int. J. Med. Imaging, 3(2), 34-40.

Muhartono, M., & Hanriko, R. (2017). Sosialisasi Bahaya Kanker Kulit (Melanoma Maligna) dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. JPM (Jurnal Pengabdian Masyarakat) Ruwa Jurai, 3(1), 81-84.

Rahmatullah, W., Novianti, E., & Sari, A. D. L. (2021). Identifikasi bakteri udara menggunakan teknik pewarnaan Gram. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika, 6(2), 83-91.

Suryani, S., Sariani, S., Earnestly, F., Marganof, M., Rahmawati, R., Sevindrajuta, S., Mahlia, T.M.I. and Fudholi, A. (2020). A comparative study of virgin coconut oil, coconut oil and palm oil in terms of their active ingredients. Processes, 8(4), 402.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3792-3797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.