FAKTOR-FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE BUKIT LAWANG SUMATERA UTARA

Shinta Agustina, Siti Zakiah

Abstract


Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Dengan pesona alamnya yang menakjubkan, Bukit Lawang telah menjadi tujuan wisata yang terkenal di Sumatera Utara dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik karena memiliki  keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang masih alami. Kuatnya faktor pendorong dan penarik mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan perjalanan wisata, kedua faktor tersebut yang memotivasi wisatawan dalam mengambil keputusan perjalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendorong dan penarik yang mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Lawang di Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendorong wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Lawang termasuk kategori setuju dengan indikator yang paling dominan adalah berkunjung untuk bersenang-senang. Kemudian pada faktor penarik wisatawan untuk berkunjung ke Bukit lawang juga termasuk dalam kategori setuju dengan indikator yang paling dominan adalah budaya pada objek wisata Bukit Lawang sangat unik dan menarik

Keywords


Bukit Lawang, Faktor Pendorong, Faktor Penarik

Full Text:

PDF

References


Adnan, A. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Amalia, F., & SOFIAN, S. (2011). Analisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis Terhadap keputusan pembelian minuman penambah tenaga cair Merek m–150 di semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Amelia, K. R. (2022). Perilaku Konsumen.

Anggara, A. (2021). PENGARUH KOMPONEN UTAMA PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE DESA WISATA GUNUNG AGUNG LAMA KOTA PAGARALAM (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Apryliawan, A. (2021). WISATA EDUKASI RUMAH SUTERA DI WAJO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS HASANUDDIN).

Azman, H. A., & Elsandra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 1-17.

Claudia, H. (2018). Motivasi Wisatawan Mancanegara Dalam Kegiatan Trekking Di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2).

Dewi, N. W. A. P., Mahendra, M. S., & Wiranatha, A. S. (2017). Faktor Pendorong Dan Penarik Orang Bali Berwisata Ke Luar Negeri. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 3(2), 207-222.

FATIMAH, N. S., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2017). Pengaruh Media Sosial dan Suasana Toko Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengunjung Eatboss Cafe Cabang Lengkong) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung)

Hasanah, N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Magetan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Ismail, H. A., Trimiati, E., & Prihati, Y. (2020). Membangun model konseptual faktor sinergitas perilaku konsumen dalam konteks pembelian impulsive secara online. Al Tijarah, 6(3), 10-20.

Lastari S, P. D. (2019). PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KAMPUNG KAPITAN PALEMBANG (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Mandari, T. (2020). pengaruh sektor pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja di objek wisata kabupaten kerinci: Tita Mandari. JURNAL ADMINISTRASI NUSANTARA MAHA, 2(6), 53-61.

Mulyani, H. A. (2019). PENGARUH PROMOSI TERHADAP PARIWISATA PADA TALANG INDAH PAJARISUK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).

Prihantara, D. O. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERDASARKAN FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI KASUS OBJEK WISATA YANG DIKELOLA OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA) (Doctoral dissertation, Institu Teknologi Kalimantan).

Saputra, A., & Sulistyani, A. PENILAIAN WISATAWAN PADA FASILITAS ANDALUS WISATA KELUARGA KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), 1-15.

Sari, D., Kusumah, A. H. G., & Marhanah, S. (2018). Analisis faktor motivasi wisatawan muda dalam mengunjungi destinasi wisata minat khusus. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 11-22.

Setiawan, M. (2020). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PRIA TERHADAP PRODUK DEODORANT PRIA MEREK REXONA MEN DI KOTA PEKANBARU 2019 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Way, I. H., Wuisang, C. E., & Supardjo, S. (2016). Analisis Kebutuhan Prasarana Dan Sarana Pariwisata Di Danau Uter Kecamatan Aitinyo Kabupaten Maybrat Propinsis Papua Barat. SPASIAL, 3(3), 27-37.

Yanti, N. (2018). Analisis Pengembangan Sektor Pariwisata di Kota Padang. Journal of Economics and Management Scienties, 1(1), 030-039.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3703-3715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.