ASSISTING THE COMMUNITY LITERACY MOVEMENT IN WERO VILLAGE, KEBUMEN REGENCY THROUGH THE CBR APPROACH
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan gerakan literasi masyarakat di Desa Wero Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan pada proses kegiatan KKN Angkatan 2022/2023 selama 1 bulan. Peserta kegiatan adalah masyarakat desa Wero Kabupaten Kebumen. Pengabdian ini menggunakan metode CBR (Community Based Research). Metode ini menggunakan empat langkah yaitu membangun prinsip dan konsep dasar, perencanaan, pengumpulan dan analisis data, aksi atas temuan. Kegiatan dilaksanakan secara berkesinambungan mulai dari menganalisis kebutuhan komunitas dalam menyiapkan gerakan literasi masyarakat, koordinasi dengan para pemangku kepentingan, persiapan lokasi perpustakaan desa, pencarian buku-buku, dan sarasehan serta diskusi seputar gerakan literasi masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berjalan dengan sangat baik dan dapat memahamkan peserta tentang gerakan literasi masyarakat. Adanya perpustakaan dengan berbagai jenis buku bacaan menjadikan langkah besar dalam menuju masyarakat yang literat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, D. N. (2018). Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu …, 4(1). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195
Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., & Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 144–161. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4964
Chrysti Suryandari, K., Sajidan, Budi Rahardjo, S., Kun Prasetyo, Z., & Fatimah, S. (2018). Project-based science learning and pre-service teachers’ science literacy skill and creative thinking. Cakrawala Pendidikan, 37(3), 345–355. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.17229
Darmono. (2017). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Yogyakarta: Grasindo.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328.
Fadhilah, U. N. (2017). Tumbuhkan Budaya Literasi, 19 Daerah dapat Penghargaan. Republika. Retrieved from http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/03/20/on3um3335-tumbuhkan-budaya-literasi-19-daerah-dapat-penghargaan
Fasica, N. F. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi Pada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat Al-Islamiyah Kecamatan Asembagus. Mimbar Integritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 576–583.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Kemdikbud. (2017a). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2017b). Panduan Penyelenggaraan Program Kampung Literasi. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta.
Nafiyah, I., Yulianti, M., Sulistiya, A. E., & Adinugraha, H. H. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Griyo Moco Kecamatan Watukumpul. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2627
Nurdiani, S., Syahrul, R., & Abdurrahman, R. (2018). Hubungan Vocabulary dan Membaca Pemahaman dalam Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bertinjauan Jenis Kelamin. Konferensi Internasional Tentang Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Teknologi, 848–853.
Rahmaningtyas, I., & Haryadi, P. (2022). Perbedaan Minat Baca Buku Elektronik (E-Book) dan Buku Konvensional pada Era Globalisasi di Kalangan Mahasiswa Prodi Kebidanan Kediri Poltekkes Kemenkes Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1827–1832. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.643
Ratnawaty Chotim, E. (2021). The Role of Community Learning Activity Centers in Overcoming Social Problems. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2689–2698. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1446
Robiansyah, A., Zubir, E., Sukatmi, S., Riady, Y., Kharis, S. A. A., Permatasari, S. M., & Arisanty, M. (2022). Meningkatkan literasi membaca bangsa melalui pembuatan taman bacaan masyarakat di Kampung Pesisir. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.56724/gendis.v1i1.152
Safitri, A., Ramadhani, D., Nengsi, R., Bustanur, B., & Yuhelman, N. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi Calistung Di Desa Pulau Padang Guna Menunjang Pertumbuhan Generasi Z. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 94–98. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1.3085
Sanjaya, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/fyu4h
Sholichah, R. A. U., Atiqoh, L., Mujtahidah, M., Ulayya, N. S., Dewanti, R., & Andiarna, F. (2023). Pemberdayaan Kader Gerbangmas Melalui Sosialisasi Pembuatan Makanan Tambahan Chutang ( Churros Kentang ) bagi Baduta di Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang dengan Pendekatan Community- Based Research ( CBR ) Empowerment of Gerbangmas. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 69–77.
Soroto, A. ., Fuad, A., & Lutfi, S. (2018). Penerapan Metode Case Based Reasoning (CBR) untuk Sistem Penentuan Status Gunung Gamalama. Jurnal Informatika Dan Komputer, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jiko.v1i2.771
Sukardi. (2020). Analisa Minat Membaca Antara E-Book dengan Buku Cetak Menggunakan Metode Observasi pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 158–163.
Susilawaty, A., Tasruddin, Ra., Ahmad, D., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research). Makasar: Nur Khairunnisa.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3956-3967
Refbacks
- There are currently no refbacks.