PEMBINAAN GURU SD KOTA LANGSA MELALUI INOVASI MEDIA CANVA SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG DIGITALISASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Fitra Muliani, Fazrina Saumi, Nishbah Fadhelina, Rizki Amalia
Abstract
Penggunaan media ajar berbasis digital dalam pembelajaran, merupakan upaya guru dalam mendukung implementasi merdeka belajar dengan berbagai media yang tentunya sangat beragam. Fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran dengan memberikan ruang yang lebih banyak kepada siswa untuk bereksplorasi. Pemanfaatan media ajar yaitu aplikasi Canva akan menjadikan guru dapat mengajar dengan penuh inovatif dan kreativitas. Hal ini akan berdampak pada proses pembelajaran yang menarik minat siswa, selain itu proses pembelajaran akan menjadi tidak membosankan dan mengajarkan keterampilan kepada peserta didik. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mendampingi dan melakukan pembinaan kepada guru Sekolah tingkat dasar dalam pemanfaatan media canva pada kelompok mitra KKG gugus Handayani Kota Langsa. Metode atau pendekatan yang digunakan yaitu ceramah, dan Pratik langsung. Hasil dari kegiatan ini yaitu: 1) 76% menyatakan bahwa peserta sangat setuju bahwa telah terampil menggunakan canva; b) 83% menyatakan sangat setuju bahwa kegiatan berdampak dan tim terlibat langsung dalam sosialisasi dan pelatihan; c) 80% sangat setuju bahwa peserta puas dan terlibat penuh dalam kegiatan PKM. Sementara itu, Pelaksanaan program pengabdian ini diharapkan berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik yang akan memfasilitasi dalam proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat siswa dan memfasilitasi kebutuhan belajar siswa
Keywords
elementary school teacher, canva, digitalization, kurikulum merdeka.
References
Rahmaniah, N, dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Media Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JMIE (Journal Madrasah Ibtidaiyah Educ), 6 (1): 1-133.
Ramatullah, Dkk.( 2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 (2) :307-307
Purwasi LA dan refianti R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement.
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media Perancangan grafis. Jurnal IKRAITH-TEKNOLOGI.6(1): 2252-2256
Saumi F, Muliani F, Amalia R. pengembangan e-modul berbasis augmented reality dengan model guided discovery learning pada materi vektor. Jurnal Aksioma.11(4):3850–9.
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3686-3693
Refbacks
- There are currently no refbacks.