INOVASI SAWI HIJAU SEBAGI PEWARNA ALAMI DALAM PEMBUATAN KUE PUTU AYU

Nida Mufidah, Vany Octaviany

Abstract


Inovasi sawi hijau yang digunakan sebagai pewarna dalam pembuatan kue putu ayu belum pernah dilakukan sebelumnya. Penggunaan sawi hijau digunakan sebagai pengganti pewarna sintetis, dalam upaya pengurangan bahan sintetis yang masuk ke dalam tubuh. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan adalah uji organoleptik, yang berfungsi untuk mengukur respon sensori konsumen terhadap kue putu ayu yang menggunakan pewarna alami dari sawi hijau. Pendekatan ini melibatkan distribusi kuisioner kepada sejumlah 30 responden. Melalui hasil uji daya terima konsumen disimpulkan bahwa kue putu ayu dengan pewarna alami sawi hijau dapat diterima oleh semua konsumen berdasarkan rasa dan tekstur, untuk aroma dengan presentase 87% konsumen menyukai, berdasarkan warna dengan presentase 97% menarik menurut konsumen, berdasarkan penampilan fisik konsumen memilih suka dengan presentase 93%.


Keywords


Putu Ayu, Sawi Hijau, Pewarna Alami, Organoleptik

Full Text:

PDF

References


Sutomo, B. (2012). Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, Kue Kering, dan Jajanan Pasar. Jakarta: Ns Book.

Nugraheni, M. (2014). Pewarna Alami Sumber dan Aplikasinya pada Makanan & Minuman. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rustandi, D. (2011). Produksi Mie. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sukiyaki, E. (2016). Pengaruh Substitusi Tepung Ubi Jalar Ungu Terhadap Kualitas Putu Ayu. Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabet.

Gusnadi, D., Taufiq, R., & Baharta, E. (2021, May). Uji Organoleptik Dan Daya Terima Pada Produk Mousse Berbasis Tapai Singkong Sebegai Komoditi Umkm Di Kabupaten Bandung. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2883-2886.

Baiq Fitria Rahmiati, W. C. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kue Putu Ayu dalam Upaya Mneingkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Gusnadi, D. (2019). Analisis Uji Organoleptik Tapai Singkong Pada Produk Cookies Sebagai Upaya Meningkatkan Eksistensi Tapai Singkong Di Kota Bandung. Jurnal Akrab Juara.

Heryani H, S. F. (2019). Uji Kesukaan Terhadap Kualitas Kue Putu Ayu Dengan Subtitusi Tepung Ubi Jalar Kuning. Jurnal Culinaria.

Nurhuda, A. &. (2021). Kue Putu Ayu Lestarikan Kuliner Terdahulu. Jurnal Sudut Pandang.

Sampurna Kabir By Khoir, A. S. (2022). Pengaruh Substitusi Tepung Ubi Jalar Kuning Dan Kedelai Pada Kue Putu Ayu.

Winantea, L. A. (2019). Pengaruh Proporsi Tepung Umbi Bit (Beta Vulgaris L) Dan Penambahan Bahan Pengembang Terhadap Pembuatan Roti Kukus.

Wulandari E, L. E. (2016). Karakteristik Roti Komposit Ubi Jalar Ungu Dengan Penambahan a-milase dan glukoamilase. Jurnal Penelitian Pangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3581-3590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.