PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSI DALAM RANGKA MENUJU SEKOLAH INKLUSI DI MIS TARBIYATUL FALAH BOGOR
Abstract
Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang membahas tentang peningkatkan pemahaman guru tentang pendidikan inklusi dalam upaya menuju sekolah inklusi di MIS Tarbiyatul Falah Bogor. Pendidikan inklusi adalah pendekatan yang mendorong integrasi anak-anak dengan kebutuhan khusus ke dalam lingkungan pendidikan umum. Meskipun konsep ini penting untuk mewujudkan inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan, pemahaman guru seringkali terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencakup serangkaian pelatihan dan sosialisasi kepada guru-guru di MIS Tarbiyatul Falah tentang konsep dan praktik pendidikan inklusi. Pelatihan ini melibatkan diskusi, studi kasus, dan penerapan praktik inklusif dalam pembelajaran sehari-hari. Selain itu, pendekatan ini juga melibatkan komunikasi aktif dengan orang tua siswa untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya inklusi. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman dan kesadaran guru-guru tentang konsep pendidikan inklusi. Guru-guru menjadi lebih siap dan mampu untuk memasukkan siswa dengan kebutuhan khusus ke dalam kelas umum dengan pendekatan yang lebih inklusif. Selain itu, peran orang tua dalam mendukung pendidikan inklusi juga mengalami perubahan positif. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan langkah awal yang penting menuju penciptaan sekolah inklusi yang lebih merata dan adil. Dengan meningkatnya pemahaman guru dan dukungan orang tua, MIS Tarbiyatul Falah Bogor dapat menjadi contoh positif dalam mewujudkan inklusi pendidikan yang komprehensif di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashari, D. A. (2021). Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095–1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677
Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01). https://doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3480
Darmono, A. (n.d.). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.
Ekosiswoyo, R., & Sutarto, J. (2015). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN BERBASIS KETERAMPILAN VOKASIONAL. In JNE (Vol. 1, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne
Fernandes, R. (2018). ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16
Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358
Murniati, E., & Anastasia, N. Z. (2016). PENDIDIKAN INKLUSIF DI TINGKAT SEKOLAH DASAR:KONSEP, IMPLEMENTASI, DAN STRATEGI. JDP, 9(1), 9–18.
Putri, W., & Arif Kurniawan, M. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK DISLEKSIA DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 74–84. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.490
Rahim, A. (n.d.). PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI STRATEGI DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN UNTUK SEMUA.
Triyanto, T., & Permatasari, D. R. (2016). PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176–186. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p176
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3573-3580
Refbacks
- There are currently no refbacks.