PELATIHAN E-HERITAGE HISTORY ARTS AND CULTURE DALAM MENGENALKAN WARISAN SEJARAH DAN BUDAYA DI KOTA MALANG PADA KOMUNITAS JELAJAH JEJAK MALANG (JJM)

Puspita Pebri Setiani, Septa Rahadian, Adi Adi, Cindi Griz Ella, Mohammad Febian Pratama, Muhammad Fikry

Abstract


Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang pengenalan warisan dan peninggalan sejarah dan budaya yang ada di Kota Malang. Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) melakukan aktifitasnya dengan aktif dalam suatu diskusi ilmiah dan perawatan peninggalan warisan-warisan budaya yang ada di Malang dengan mempromosikannya melalui platfom facebook, Instagram dan youtube dimana platfom tersebut sangat dirasa kurang dalam mempromosikan sejarah dan budaya Kota Malang ke tingkat dunia. Dalam pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman wisata di situs-situs sejarah Malang, dengan menyediakan tour guide secara virtual atau elektronik dengan e-heritage arts and culture yang di dukung oleh aktivitas komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM). Metode yang dipakai dalam mendukung tujuan pengabdian ini terlaksana adalah dengan mengadakan pelatihan untuk komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) tentang e-heritage arts and culture sebagai upaya dalam mengenalkan warisan sejarah dan budaya Kota Malang lebih luas lagi. Sehingga hasil pengabdian ini menjadikan Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) dapat memanfaatkan platfom teknologi informatika lebih luas dan lengkap dalam mengenalkan warisan dan budaya Kota Malang melalui e-heritage arts and culture.

Keywords


E-Heritage Arts and Culture; Warisan; Sejarah; Budaya; Kota Malang

Full Text:

PDF

References


Caro S. Digitizing Your Collection: Public Library Success Stories. Santa Barbara: Libraries Unlimited; 2016. Chapter on Google Arts and Culture.

Cimoli AC, Cristiano S. Art and Culture in the Digital Age: The Case of Google Arts & Culture. Switzerland: Springer International Publishing; 2019.

Gutiérrez Pérez L. Google Art Project: A New Perspective on Art. New York: Routledge; 2019.

Hubner, I., Pramono, R., Sitorus, N. B., Agungputranto, A., Lemy, D. M., Parhusip, A., & Dwihadiah, D. L. (2022). Pengembangan Produk Wisata dalam Mewujudkan Pariwisata Berkualitas di Kampung Keranggan Tangerang Selatan. TAAWUN, 2(01), 58-71

Indonesia, R., 2009. Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Juliana, J., Pramono, R., Sianipar, R., & Indra, F. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Mengenai Professional Ethics Dan Social Responsibilities For Hospitality And Tourism [Introduction And Training On Professional Ethics And Social Responsibilities For Hospitality And Tourism]. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 5(2), 426-433.

Juliana, J., Sitorus, N. B., Kristiana, Y., Ardania, J., & Natalie, N. (2021). Pengenalan Daya Tarik Wisata Kampung Batu Malakasari Bagi Siswa-Siswi SMK Jakarta Wisata I Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(02), 102- 110.

Respini E. Art in the Age of the Internet, 1989 to Today. New York: Prestel; 2018. Chapter on Google Arts and Culture.

Tricoire E. Google Arts & Culture: The Future of Museums in the Digital Age. London: Routledge; 2020.

Yoety, E.A., 2006. Pengentar Ilmu Pariwisata (Edisi revisi). Bandung : Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3523-3529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.