PENDAMPINGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MEMAKSIMALKAN PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) PADA UMKM KABUPATEN PULAU MOROTAI

Sudin Yamani, Cici Aryansi Quilim, Rahyuni Rahayu, Fathy Inat

Abstract


Tujuan dari pemasaran digital adalah untuk secara cepat menarik perhatian konsumen dan calon konsumen. Pendekatan bisnis yang tidak berhasil akan menyebabkan kerugian bagi para pelaku usaha. Ini menjadi tantangan signifikan bagi para pelaku UMKM yang masih mengandalkan penjualan melalui toko fisik. Dampak dari revolusi industri 4.0 tentunya akan memiliki dampak besar pada UMKM yang belum mengadopsi teknologi. UMKM yang masih bergantung pada penjualan konvensional akan berada dalam risiko tersingkir oleh perkembangan e-commerce yang aktif dalam menarik pelanggan untuk berbelanja secara online, terutama di tengah pandemi seperti yang sedang terjadi saat ini. Pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai telah mengalokasikan sebagian anggarannya untuk mendukung pengembangan pelaku UMKM. Harapannya, langkah ini akan mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitas mereka di masa depan dan pada gilirannya, perekonomian di daerah setempat akan dapat berkembang dengan baik.


Keywords


Media Digital; Pemasaran Online; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aisah, D.,D. & Prasetyawati, Y.,R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online @Ibunda_ID Terhadap Brand Awareness. Wacana, 17(1), 29-38

Akbar, M., A., & Alam, S., N. (2020). E-Commerce : Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK Di Indonesia. Forum Keuangan Dan Bisnis IV. 327-337.

Zainal A. Marasabessy. Adiyana Adam. Hatija Ngongira.Sulastri Bahrudin. Rina La Ma’a5. Supriyanto Lastory. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemetaan Aset Desa ( Studi Kasus Desa Bale Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan). Jurnal Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(2), 210–217.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3504-3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.