MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI BAGI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

Azizah Azizah, Yusdin bin Mahmudin Gagaramusu, Sarintan N. Kaharu, Nurul Fitriah Aras, Sri Wahyuni, Rosnadi Rosnadi

Abstract


Latar belakang kegiatan pengabdian ini yaitu adanya permasalahan pada sekolah mitra SDN 9 Banawa Kabupaten Donggala yaitu (1) Guru belum memiliki pemahaman model pembelajaran berbasis kebudayaan daerah, dan (2) belum ada pelatihan tentang model pembelajaran berbasis kebudayaan kepada guru-guru. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pemahaman tentang model pembelajaran berbasis permainan tradisional pada guru di SDN 9 Banawa. Pelaksanaan pengabdian menggunakan pendekatan Andragogy. Beberapa teknik atau metode yang dapat digunakan dalam pengabdian ini adalah pemaparan materi, diskusi, dan praktek pembelajaran menggunakan model pembelajaran nobangan. Berdasarkan hasil pengabdian dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) guru antusias dan bersemangat mengikuti desiminasi hasil penelitian model pembelajaran nobangan. (2) Implementasi penggunaan model pembelajaran nobangan di dalam pembelajaran mendapat respon positif dari guru dan siswa. Guru mudah menyampaikan materi kepada siswa. Siswapun terlihat aktif dan bersemangat selama dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran nobangan.


Keywords


Pengabdian, Model Pembelajaran, Nobangan, Suku Kaili

Full Text:

PDF

References


Azizah, Sani, N.K., Aras, N.F., & Andriana, L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Moral Kemasyarakatan: 5(2), Hal 43-50.

Azizah & Maulinda, R. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Keaktifan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary School: 8(1), Hal 199-206.

Azizah & Safira, R. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa. Jurnal Collase: 4(2), Hal 157-168.

Angraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D.E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian akademik, Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni 2). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang implementasi kurikulum 2013dan kurikulum darurat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Puskurbuk (2019) Kajian pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Tidak dipublikasikan.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3600-3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.