UPGRADING HARD SKILL KELOMPOK TANI MUSARA PAKAT DI KABUPATEN ACEH TIMUR

Salman Syarief, Maulana Rahman, Wan Alamsyah

Abstract


Kelompok tani musara pakat merupakan salah satu kelompok tani yang berada di desa Seulemak, Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur. Proses produksi jagung khususnya pada saat pemupukan tanaman dilakukan dengan cara menyenuh langsung pupuk yang akan ditabur pada setiap pohon, tanpa adanya penggunaan alat pelindung diri. Rendahnya kualitas SDM merupakan dampak dari lokasi desa yang berada dalam Kawasan terisolir. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk: (1). Meningkatkan literasi teknologi pertanian, (2). Meningkatnya kualitas SDM, (3). Meningkatnya hardskill kelompok tani musara pakat dalam menciptakan teknologi pertanian tepat guna, dan; (4). Meningkatnya produksi jagung serta pendapatan kelompok tani musara pakat. Kegiatan Upgrading Hard Skill Alat Dukung Produksi Pertanian Kelompok Tani Musara Pakat di Kabupaten Aceh Timur dengan metode sosialisasi, Fokus Group Discucion, rancangan typology alat, pembuatan alat tabur pupuk, Uji coba alat dan pendampingan. Hasil pelaksanaan pengabdian yang telah dilakukan adalah meningkatnya wawasan, pengetahuan dan hardskill kelompok tani musara pakat. Melalui kegiatan transfer teknologi yang diberikan oleh tim pengabdi maka diharapkan adanya peningkatan produksi hasil pertanian jagung hingga pada akhirnya meningkatnya kesejahteraan kelompok tani musara pakat.


Keywords


Upgrading, Produksi, Pertanian, Musara Pakat,

Full Text:

PDF

References


Rahman, M., Salman, S., & Alamsyah, W. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN TAJAK TUNGGAL INOVATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS ALAT PENDUKUNG PRODUKSI KELOMPOK TANI MUSARA PAKAT KECAMATAN SERBAJADI. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(7), 2600-2606.

Kuntariningsih, A., & Mariyono, J. (2014). Adopsi teknologi pertanian untuk pembangunan pedesaan: Sebuah kajian sosiologis. Agriekonomika, 3 (2),180-191.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3467-3473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.