GERAKAN PENCEGAHAN STUNTING MELALUI EDUKASI PENYULUHAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA BENTENG HILIR KABUPATEN SIAK

Sukamarriko Andrikasmi, Afifah Mutiarani, Asyraf Aufa Azril, Chesta Adabi, Chintya Anggaraini Pohan

Abstract


Permasalahan stunting merupakan prioritas masalah yang terjadi di Provinsi Riau yaitu dengan prevalensi kasus sebesar 17%. Penulisan ini dimaksud untuk menjelaskan bagaimana kebijakan pencegahan stunting di Desa  Benteng Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak dijalankan. Fokus dalam tulisan ini tertuju pada Pemerintah Desa Benteng Hilir selaku pengelola kebijakan strategis mengenai pencegahan stunting di Desa Benteng Hilir. Pengabdian ini bertujuan untuk mengajak para orang tua ikut serta dalam pencegahan stunting untuk meningkatkan derajat kesehatan bayi dan balita serta meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Benteng Hilir Kecamatan Mempura Kabupaten Siak tentang pencegahan stunting. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pengedukasian tentang pencegahan stunting kepada masyarakat. Hasil penyuluhan ini mahasiswa KUKERTA dapat melihat permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar dan bagi masyarakat dapat menambah wawasan terhadap pentingnya pencegahan stunting. Dampak pengabdian ini yaitu dapat melihat permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar dan bagi masyarakat dapat menambah wawasan terhadap pentingnya pencegahan stunting. Untuk itu disarankan adanya peran aktif dari penghulu dan perangkat desa dalam menyikapi masalah stunting.


Keywords


Balita, KUKERTA, masyarakat, stunting

Full Text:

PDF

References


Uliyatul, L dan Ariesta, A D A. 2019. Pemberdayaan masyarakat dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, Vol. 5 No.1.

Indah R J, Pristiono, dan Abdul H. (2022). Penyuluhan Menyikapi Efek Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Dusun I Desa Kampung Baru Kabupaten Labuhan batu. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, Vol. 3, No. 2

Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/8

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/11197/6403




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3474-3478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.