PELATIHAN BIOINFORMATIKA PADA GURU MGMP BIOLOGI SMA KOTA TERNATE DALAM MENGANALISIS DATA GENBANK

Suparman Suparman, Chumidach Roini, Iqbal Limatahu, Indah Juwita Sari, Said Hasan, Mahyono Hasanudin

Abstract


Bioinformatika saat ini telah menjadi ilmu yang penting bagi para saintis. Kenyataanya, pemahaman para guru dalam materi bioinformatika khususnya dalam pemanfaatan data GenBank masih perlu ditingkatkan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan pemanfaatan fungsi GenBank dan analisis dendogram pada guru-guru biologi. Pengabdian berupa pelatihan Bioinformatika bagi guru-guru MGMP Biologi SMA se-Kota Ternate. Pelatihan diikuti oleh 21 guru biologi dari sembilan SMA negeri dan swasta. Keterampilan peserta termasuk kategori sangat baik yakni nilai 95 pada keterampilan memanfaatkan fungsi GenBank dan 84 pada keterampilan analisis dendogram. Peserta juga merespon positif dengan kategori baik sekali terhadap pemateri dan isi materi dengan memberikan nilai rata-rata yakni 95,87 untuk pemateri dan 93.68 terhadap konten yang disampaikan. Secara umum, pelatihan bioinformatika ini termasuk sangat berhasil dan dapat dilanjutkan dengan sasaran yang lebih luas meliputi Kota Tidore dengan materi yang lebih bervariatif.


Keywords


dendogram, genbank, in silico, NCBI, Ternate

Full Text:

PDF

References


Agamah, F. E., Mazandu, G. K., Hassan, R., Bope, C. D., Thomford, N. E., Ghansah, A., & Chimusa, E. R. (2020). Computational/in silico methods in drug target and lead prediction. Briefings in Bioinformatics, 21(5), 1663–1675. https://doi.org/10.1093/bib/bbz103

Amandita, F. Y., Rembold, K., Vornam, B., Rahayu, S., Siregar, I. Z., Kreft, H., & Finkeldey, R. (2019). DNA barcoding of flowering plants in Sumatra, Indonesia. Ecology and Evolution, 9, 1858–1868. https://doi.org/10.1002/ece3.4875

Davies, A. C., Harris, D., Banks-Gatenby, A., & Brass, A. (2019). Problem-based learning in clinical bioinformatics education: Does it help to create communities of practice? PLoS Computational Biology, 15(6), 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1006746

Herman, H., Sunardi, S., & Famuji, T. S. (2023). Proses Implementasi Bioinformatika Pada Digitalisasi Data Genetika Manusia. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.24176/simet.v14i1.9064

Hossain, M. A., Sohel, M., Rahman, M. H., Hasan, M. I., Sharif Khan, M., Al Amin, M., Zahidul Islam, M., & Peng, S. (2023). Bioinformatics and In silico approaches to identify novel biomarkers and key pathways for cancers that are linked to the progression of female infertility: A comprehensive approach for drug discovery. PLoS ONE, 18(1 January), 1–28. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0265746

Latifah, L., Muarifahb, H., Sopiana, Y., & Guntur, A. (2020). Analisis Genetik Gen KiSS1 pada Kambing Berdasarkan Sekuen DNA GenBank. Journal of Tropical Animal Research, 1(1), 20–28.

Machluf, Y., & Yarden, A. (2013). Integrating bioinformatics into senior high school: Design principles and implications. Briefings in Bioinformatics, 14(5), 648–660. https://doi.org/10.1093/bib/bbt030

Mahrus, Lalu Zulkifli, Saprizal Hadisaputra, & Ida Ayu Putu Armyani. (2021). Penggunaan Bioinformatika dalam Pembelajaran Sains Untuk Menyelesaikan Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Genetika di SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 290–295. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1128

Martins, A., Fonseca, M. J., Lemos, M., Lencastre, L., & Tavares, F. (2020). Bioinformatics-Based Activities in High School: Fostering Students’ Literacy, Interest, and Attitudes on Gene Regulation, Genomics, and Evolution. Frontiers in Microbiology, 11(October). https://doi.org/10.3389/fmicb.2020.578099

Meke, K., Sao, S., Suryani, L., Bala, A., Welu, F., Nande, M., Daud, M. H., Kaleka, M. B. U., Amrin, S., GustiMa, S., Ota, M. K., Banda, Y. M., Kusi, J., & Se, B. (2023). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Publikasi Ilmiah Bagi Guru Di SMA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 1876–1886.

Pertiwi, Y., Indah, R. A., & Fitri, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS BIO 2022 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1076–1084. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.216

Pratiwi, R. D., Pratiwi, R. H., & Noer, S. (2017). Peningkatan Kompentensi Guru Biologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bioinformatika. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 153–161. https://doi.org/10.30997/qh.v3i2.826

Sardi, A. (2022). Bioinformatics: Challenges in Integrating Biological Information. Jurnal Biologi Tropis, 22(4), 1297–1301. https://doi.org/10.29303/jbt.v22i4.4346

Sayers, E. W., Cavanaugh, M., Clark, K., Ostell, J., Pruitt, K. D., & Karsch-Mizrachi, I. (2020). GenBank. Nucleic Acids Research, 48(D1), D84–D86. https://doi.org/10.1093/nar/gkz956

Suparman, S., Ahmad, H., & Ahmad, Z. (2016). DESAIN PRIMER PCR SECARA IN SILICO UNTUK AMPLIFIKASI GEN COI PADA KUPU-KUPU Papilio ulysses Linnaeus DARI PULAU BACAN. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 7(1), 14–24. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v7i1.17341




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3299-3308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.