EDUKASI DAN PELATIHAN DASAR BERINVESTASI DI PASAR MODAL BAGI PELAKU USAHA KECIL MENENGAH AGRO GARUT

Susi Susanti Tindaon

Abstract


Akhir-akhir ini banyak sekali edukasi yang marak di media sosial mengenai pentingnya investasi khususnya di pasar modal namun belum ada edukasi yang secara nyata datang ke masyarakat untuk membimbing langsung. Penulis dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini mengambil lokasi di Kabupaten Garut dengan peserta berasal dari PUKMA (Perkumpulan Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro). PUKMA beranggotakan calon dan para pebisnis kecil-menengah yang cukup potensial untuk berkontribusi di pasar modal Indonesia. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan dasar berinvestasi di Pasar Modal, dalam hal ini investasi saham karena literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang agar terhindar dari masalah keuangan. Dalam PKM ini, diharapkan dapat memberikan bermanfaat bagi anggota-anggota PUKMA untuk mengembangkan nilai-nilai investasi yang mampu memberikan kontribusi untuk menciptkan nilai tambah baik secara keilmuan maupun keuangan. Metode dalam memberikan edukasi dan pelatihan adalah dengan memberikan presentasi perihal teori dan sharing pengalaman berinvestasi oleh penulis serta praktik langsung dengan membuka salah satu aplikasi berinvestasi di Pasar Modal. Dalam hal memberikan edukasi dan pelatihan nyata, peserta terlihat sangat antusias dengan memberikan banyak pertanyaan sehingga diskusi berbagai arah terjalin. Beberapa diantara peserta ternyata sudah pernah creat account di salah satu aplikasi berinvestasi namun belum berani investasi langsung karena masih ragu. Dengan adanya edukasi dan pelatihan ini, maka peserta sudah tidak ragu lagi untuk mulai berinvestasi.

 


Keywords


Investasi Pasar Modal, Edukasi dan Pelatihan Berinvestasi, Pelaku Usaha

Full Text:

PDF

References


Darmadji, T dan H. M. Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3, Salemba Empat. Jakarta

Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2021). Pencapaian Tahun 2020 dan Rencana Strategis 2021. Jakarta.

Mendari, AS dan Kewal, SS. (2013). Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Stie Musi. Jurnal Economia. Vol. 9 No. 2. Hal 130-140.

Wardhani, D. P., Sugianto, L.O., & Widyaningrum, P. W. (2020). Edukasi Dan Pelatihan Investasi Pasar Modal Indonesia di Kelurahan Sukorejo. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2)

Asnaeni AM., S. et. al. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Ptk Melalui Model Partisipatif Secara Intensif Pada Guru Tk di K3tk Wilayah Iii Kec. Somba Opu. MARTABE: Jurnal

Pengabdian Masyarakat. 5(10),

-3771.

DOI:http://dx.doi.org/10.31604/j pm.v5i10.3765-3771




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3330-3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.