PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI MINUMAN MASA KINI (KESUSU) DUSUN SIMELIK, SUSUKAN, BANJARNEGARA

Fatwa Tentama, Moh Horiyanto, Putriyani Putriyani, Agung Septia Hidayatullah

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang produktif dan inovatif dalam meningkatkan nilai ekonomis produk pertanian di Dusun Melikan. Metode pelaksanaan dengan metode ceramah, pelatihan dan roleplay atau praktek. Pelaksanaan program dilakukan dengan memberikan pelatihan berwirausaha pada ibu rumah tangga di Dusun Melikan. Pelatihan dilakukan selama dua hari, terdiri dari beberapa sesi yaitu sesi 1: Pengantar dan sosialisasi program, sesi 2: Materi motivasi berwirausaha, sesi 3: Pelatihan kewirausahaan, sesi 4: Materi membaca peluang usaha. sesi 5 : Roleplay pembuatan KESUSU, dan sesi 6 : Praktik pembuatan KESUSU. Hasil dari program ini ibu rumah tangga di Dusun Melikan memiliki pemahaman mengenai kewirausahaan yang mencakup dasar-dasar kewirausahaan, manfaat berwirausaha, serta cara untuk melihat peluang usaha. Selain itu peserta pelatihan kewirausahaan juga telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha yaitu kemampuan untuk mengolah ketan untuk menjadi produk “KESUSU”.


Keywords


Entrepreneurship; KESUSU; pemberdayaan; Training

Full Text:

PDF

References


Amaluis, D. 2014. “Analisis Efektifitas Program Pelatihan Diklat PIM III Terhadap Kompetensi Pejabat Eselon III Di Pemerintah Kabupaten Agam.” Economica 3(1):18–26.

Chen, Li Cheng, and Chin Yao Tseng. 2012. “Benefits of Cross-Functional Training: Three Departments of Hotel Line Supervisors in Taiwan.” Journal of Hospitality and Tourism Management 19(1):115–22. doi: 10.1017/jht.2012.13.

Cooney, Thomas M. 2012. “Entrepreneurship Skills for Growth-Orientated Businesses.” Skills Development SMEs and Entrepreneurship 28:1–24.

Estay, Christophe, François Durrieu, and Manzoom Akhter. 2013.

“Entrepreneurship: From Motivation to Start-Up.” Journal of International Entrepreneurship 11(3):243–67. doi: 10.1007/s10843-013-0109-x.

Feldman, Maryann P. 2014. “The Character of Innovative Places: Entrepreneurial Strategy, Economic Development, and Prosperity.” Small Business Economics 43(1):9–20. doi: 10.1007/s11187-014-9574-4.

Glaub, M., and M. Frese. 2011. “A Critical Review of the Effects of Entrepreneurship Training in Developing Countries.” Enterprise Development & Microfinance 4:335-353.

Grigore, A. M. 2012. “The Psychology of Entrepreneurship.” Romanian Journal of Marketing 25(2).

Henry, Colette, Frances Hill, and Claire Leitch. 2005. “Entrepreneurship Education and Training: Can Entrepreneurship Be Taught? Part I.” Education and Training 47(2):98–111. doi: 10.1108/00400910510586524.

Karwati, L. 2017. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Alam Setempat.” Jurnal Ilmiah Visi 12(1):45–52.

Ratnawati, D. & Kuswardani, I. 2010. “Kematangan Vokasional Dan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa Menengah Kejuruan (SMK).” Psikohumanika: Jurnal Ilmiah Psikologi 3(1):55–63.

Saiman, L. 2015. Kewirausahaan Teori, Praktik, Dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Shehnaz, S. R., and S. Suresh Kumar. 2019. “Women Entrepreneurship Enticed Family Prosperity – An Empirical Evaluation of Performance of Microenterprises under Kudumbashree Mission in Kerala, India.” International Journal of Entrepreneurship and Small Business 38(1–2):120–40. doi: 10.1504/IJESB.2019.102514.

Yunal, V. O., and R. Indriyani. 2013. “Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat.” Jurnal Manajemen Bisnis 1(1):1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3618-3624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.