PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN MANAJEMEN POSYANDU TULIP 9 TIBAN AYU BATAM

Sadiq Ardo Wibowo, Luki Hernando, Vitri Aprilla Handayani, Ahmad Andrevi Alrasyidin, Genadi Septiansyah, Jeremy Andika

Abstract


Pelayanan merupakan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh suatu organisasi atau individu untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan dari masyarakat umum. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada masyarakat sehingga akan berdampak positif terhadap citra dan reputasi organisasi atau individu tersebut. Pelayanan yang baik sangat penting dalam berbagai bidang, seperti dalam dunia bisnis, pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan. Sebab, pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pelanggan, sehingga dapat membangun hubungan yang baik dan berkelanjutan antara organisasi atau individu dengan masyarakat. Posyandu Tulip 9 Tiban Ayu Batam adalah sebuah layanan kesehatan yang berlokasi di Tiban Ayu RT/RW 02/014 Tiban Lama, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29424. Posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama pada Lansia, ibu hamil, bayi, dan balita. Permasalahan yang dihadapi Posyandu Tulip 9 Tiban Ayu Batam masih mengalami beberapa kendala dalam pengelolaannya, seperti sulitnya dalam mengumpulkan dan mengolah data pelayanan, pengelolaan manajemen keuangan, dan pengelolaan sistem obat, serta minimnya informasi dan edukasi yang disampaikan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak memiliki ketertarikan untuk berperan aktif pada kegiatan-kegiatan posyandu yang dilakukan. Dalam pengelolaannya, posyandu Tulip 9 Tiban ayu lebih banyak melakukan kegiatan dengan sistem konvensional atau tanpa pemanfaatan teknologi. Untuk itu, perlu adanya pendidikan dan pelatihan bagi kader posyandu dalam pengelolaan manajemen Posyandu yang meliputi pengelolaan data pelayanan, pengelolaan manajemen keuangan, dan pengelolaan system obat dengan aplikasi mobile yang mudah diakses. Perancangan aplikasi mobile dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmu yang sesuai dengan tim pengabdi, diantaranya pendekatan ilmu statistika terapan, logistik, dan teknologi informasi dan perangkat lunak.

Keywords


Kunci: Pelayanan Kesehatan, Posyandu, Pengelolaan Manajemen, Teknologi Mobile.

Full Text:

PDF

References


Hadiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D. K., & Setiawati, E. P. (2017). Majalah kedokteran Bandung. Majalah Kedokteran Bandung, 49(2), 102–109. http://journal.fk.unpad.ac.id/index.php/mkb/article/view/1054/pdf

Irmawati, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5(1), 188–197.

Paim, J., Travassos, C., Almeida, C., Bahia, L., & MacInko, J. (2011). The Brazilian health system: History, advances, and challenges. The Lancet, 377(9779), 1778–1797. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60054-8

Rahmawati, R. N., Setyonugroho, W., & Kurniawati, H. F. (2022). Scoping Review Tentang Penggunaan Mobile App Dalam Pemantauan Kesehatan Anak Balita. Jakiyah: Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35721/jakiyah.v6i2.82

Satrianegara, M. F., Bujawati, E., & Guswani. (2018). Analisis pengelolaan manajemen logistik obat di instalasi farmasi RSUD Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 10(1), 37–47




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3369-3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.